Tujuan Metode Croosword Puzzle

Advertisement
Jejak Pendidikan- Metode Croosword Puzzle atau permainan adalah metode dalam pembelajaran yang dapat membangkitkan gairah dan semangat belajar dengan rasa senang sehingga siswa tidak bosan dan bahkan senang dengan pembelajaran tersebut walaupun mungkin materi sulit. Permainan ini digunakan untuk mengubah pembelajaran yang semula pasif menjadi aktif, kaku menjadi gerak, dari jenuh menjadi riang.

Permainan ini menggunakan permainan crossword puzzle atau yang disebut dengan teka teki silang atau disingkat TTS adalah suatu permainan (game), kita harus mengisi ruang-ruang kosong (berbentuk kotak putih) dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan.

Permainan Crossword Puzzle bertujuan untuk membina dan mengembangkan penguasaan kosa kata. Hal ini mengkhususkan dalam penguasaan pelajaran Aqidah Akhlak. Dari permainan ini siswa akan lebih mudah untuk melatih daya ingat dalam penguasaan kosa kata khususnya bahasa Inggris, serta siswa akan lebih senang dan aktif dalam mengikuti pelajaran.

Juga Tujuan dari teka teki silang itu sendiri yaitu membangun saraf-saraf otak yang memberi efek menyegarkan ingatan sehingga fungsi kerja otak kembali optimal karena otak dibiasakan untuk terus menerus belajar dengan santai. Karena belajar dengan santai inilah yang dapat membuat siswa menjadi lebih paham dan mudah masuk dalam ingatan siswa sehingga siswa tidak mudah lupa dengan materi yang sudah diajarkan.

Teka-teki silang yang digunakan akan memberikan nilai yang positif bagi siswa. Hal ini disebabkan karena dengan menjawab dan mengerjakan bersama, peserta didik akan selalu berlomba untuk dapat menemukan jawabannya dengan benar sehingga akan muncul persaingan sehat. Rasa kebersamaan yang tinggi akan tumbuh, karena bagi peserta didik yang menemukan jawaban akan dapat menjawab teka-teki silang tersebut dan siswa lain dalam kelompoknya juga akan mengetahui jawaban yang benar. Faktor ketelitian dan ketepatan yang tinggi juga menjadi sangat menentukan dalam pengisian jawaban teka-teki silang. Karena huruf-huruf dalam jawaban dapat mempengaruhi jawaban yang lain baik dalam baris atau kolom.

Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan guru yang kreatif dalam meningkatkan semangat belajar siswa khususnya dalam bidang Aqidah Akhalak serta guru dapat menciptakan suasana yang ceria dan menyenangkan dalam pembelajaran. Dalam belajar Aqidah Akhlak bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah dalam permainan Crossword Puzzle dan mengetahui metode permainan Crossword Puzzle dapat meningkatkan penguasaan pemahaman Aqidah Akhlak siswa.

Subscribe to receive free email updates: