Langkah-langkah Penerapan Metode Croosword Puzzle

Advertisement
Jejak Pendidikan- Pelaksanaan metode croosword puzzle adalah bersifat isian dalam tabel dengan berdasarkan pertanyaan yang telah disediakan maka Dalam menerapkan metode croosword puzzle maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan:
  1. Tulislah kata-kata kunci (clue), terminologi atau nama-nama yang berhubungan dengan materi pelajaran yang telah anda berikan.
  2. Buatlah kisi-kisi yang dapat diisi dengan kata-kata yang telah dipilih (seperti dalam teka-teki silang).
  3. Buatlah pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya adalah kata-kata yang telah dibuat atau dapat juga hanya membuat pernyataan-pernyataan mengarah kepada kata-kata tersebut.
  4. Bagikan teka-teki ini kepada peserta didik. Bisa melalui individu maupun secara berkelompok.
  5. Bagikan teka-teki ini kepada peserta didik, bisa individu atau kelompok.
  6. Batasi waktu mengerjakan.
  7. Beri hadiah kepada kelompok atau individu yang telah melengkapi teka-teki silang dengan lengkap dan benar.
Berdasarkan petunjuk diatas maka dalap penelitian ini peneliti membuat pernyataan khusus tentang materi asmaul husna. Terutama nama-nama yang paling sering diterapkan dalam kehidupan anak didik misalnya seperti nama Al-Kariim artinya Yang Maha Mulia. Peneliti menulis ciri-ciri yang mengarah kepada nama Al-Kariim. Kemudian siswa dengan mengetahui ciri-ciri saja maka dapat mengisi teka-teki tersebut. Sehingga siswa dapat mudah mengingat berbagai materi bila guru menyebut ciri-ciri atau lawan kata yang membuat meningkatnya mutu pendidikan kan kemampuan siswa.

Dengan adanya metode ini diharapkan pada proses belajar selanjutnya siswa dapat meningkatkan tanggung jawab belajar dalam suasana menarik, kreatif dan menyenangkan tanpa adanya kejenuhan dan kebosanan disaat siswa belajar.

Subscribe to receive free email updates: