Pengertian Konsep Lebih Banyak, Lebih Sedikit, Sama, dan Tidak Sama

Advertisement
Jejak Pendidikan- Kumpulan dari dua benda dapat dibandingkan jumlah ataupun ukurannya. Membandingkan menurut Carol Seefeldt dan Barbara A. Wasik (2008: 395) merupakan kegiatan membangun hubungan antara dua buah benda. Kegiatan membandingkan digunakan untuk mengetahui perbedaan dan kuantitas dari dua kumpulan benda yang ukuran maupun jumlah sama atau tidak sama. 

Menurut Sudaryanti (2006: 16) bahwa membandingkan angka merupakan syarat memahami makna lebih banyak, sedikit, dan sama banyak. Banyak menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan sesuatu yang jumlahnya banyak. Sedikit menurut KBBI merupakan sesuatu yang jumlahnya tidak banyak. Sama menurut KBBI yaitu sesuatu yang sepadan, seimbang atau sebanding. Sedangkan tidak sama merupakan keadaan yang tidak sepadan maupun tidak sebanding.

Menurut Saibatin (2015) untuk membandingkan angka juga dapat diperkenalkan dengan:
1. Lebih banyak
Hal ini menyatakan bahwa benda tersebut jumlahnya melebihi benda yang dibandingkan.

2. Lebih sedikit
Hal ini menyatakan bahwa benda tersebut jumlahnya kurang dari benda yang dibandingkan.

3. Sama
Hal ini menyatakan bahwa nilai benda jumlahnya sepadan dengan jumlah benda yang dibandingkan.

4. Tidak sama
Hal ini menyatakan bahwa nilai benda jumlahnya tidak sepadan dengan jumlah benda yang dibandingkan.

Dari beberapa pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa lebih banyak merupakan sesuatu yang jumlahnya lebih banyak dari jumlah benda yang dibandingkan, lebih sedikit merupakan sesuatu yang jumlahnya lebih sedikit dari bneda yang dibandingkan, sama banyak merupakan sesuatu yang jumlahnya sebanding (jumlahnya sama), dan tidak sama banyak merupakan sesuatu yang tidak sebanding (jumlahnya tidak sama). 

Mengenal konsep banyak, sedikit, sama, dan tidak sama merupakan kegiatan dalam membandingkan jumlah dua kumpulan benda. Syarat untuk seseorang dapat mengenal konsep lebih banyak, lebih sedikit, sama banyak, dan tidak sama banyak yaitu mampu membilang.

Subscribe to receive free email updates: