Mengenal Konsep Lebih Banyak, Lebih Sedikit, Sama, dan Tidak Sama Kelompok A

Advertisement
Jejak Pendidikan- Konsep lebih banyak, lebih sedikit, sama, dan tidak sama sudah dapat diperkenalkan pada anak kelompok A. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Isi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak terdapat indikator anak usia 4-5 tahun mengenai belajar memecahkan masalah yaitu:


  1. Mengenal benda berdasarkan fungsi.
  2. Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik.
  3. Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Mengetahui konsep banyak dan sedikit.
  5. Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri.
  6. Mengamati benda dan gejala dengan rasa ingin tahu.
  7. Mengenal pola kegiatan dan menyadari pentingnya waktu.
  8. Memahami posisi/kedudukan dalam keluarga.

Salah satu yang disebutkan dalam indikator pencapaian perkembangan anak adalah anak usia 4-5 tahun sudah dapat memahami konsep banyak dan sedikit. Dalam mengenalkan konsep banyak, sedikit, sama, dan tidak sama, anak harus mampu untuk membilang dan mengerti konsep “lebih banyak dari angka satu”. 

Hal ini sesuai dengan Carol Seefeldt dan Barbara A. Wasik (2008: 393) bahwa ketika anak sedang berhitung maka anak sedang mengembangkan kesadaran tentang “lebih banyak”, “kurang banyak”. Untuk mengenalkan konsep lebih banyak, lebih sedikit, sama, dan tidak sama pada anak usia 4-5 tahun dapat menggunakan benda konkret sehingga anak mendapatkan pengalaman langsung terkait dengan benda konkret tersebut.

Subscribe to receive free email updates: