Aktivitas Bermain Estafet

Advertisement
Jejak PendidikanAktivitas bermain merupakan kegiatan belajar yang sangat menyenangkan bagi anak, karena bermain adalah kegiatan utama bagi anak usia dini. Melalui aktivitas bermain, berbagai kemampuan yang dimiliki anak dapat dikembangkan dan ditingkatkan, seperti nilai agama dan moral, fisikmotorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, serta seni. 

Menurut Montolalu dkk. (2009 : 29) “Aktivitas bermain merupakan suatu rangkaian usaha kegiatan di TK. Kegiatan yang dilakukan membutuhkan pengaturan lingkungan bermain dan belajar serta alat-alat permainan yang dibutuhkan anak.”

Dalam merencanakan dan mengatur aktivitas bermain, guru hendaknya menyediakan tempat dan menciptakan situasi yang menyenangkan sehingga dapat merangsang anak untuk melakukan berbagai kegiatan yang sesuai dengan minat dan aspek pengembangan anak. Salah satu aktivitas bermain yang dapat menjadi referensi bagi guru dalam pembelajaran adalah dengan melakukan aktivitas bermain estafet.

Berdasarkan pendapat yang diungkapkan oleh ahli di atas dapat disimpulkan bahwa aktivitas bermain estafet merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan estafet dengan menggunakan aturan yang ditentukan. Anak melakukan permainan dalam berkelompok. Setiap kelompok melakukan kerjasama dalam berlomba untuk memindahkan tongkat atau benda lainnya dari satu tempat ke tempat yang lain dengan cara menyerahkan benda dari satu anak ke anak lainnya sesuai waktu yang guru tentukan. Setelah waktu berakhir, guru melakukan tanya jawab pertanyaan sederhana pada setiap anak dalam kelompok untuk mengetahui perkembangan berpikir simbolik pada anak misalnya meminta anak untuk menyebutkan jumlah benda yang berhasil dipindahkan, menyebutkan urutan lambang bilangan 1-10 pada benda yang dipindahkan, dan lain sebagainya.

Subscribe to receive free email updates: