Kelebihan dan Kekurangan Bermain Estafet

Advertisement
Jejak Pendidikan- Terdapat kelebihan serta kekurangan dari setiap permainan yang dilakukan pada pembelajaran bagi anak usia dini. Begitu pula dengan bermain estafet, terdapat kelebihan yang yang dapat dirasakan baik oleh anak maupun oleh guru dalam proses belajar dan pembelajaran. Berikut ini merupakan kelebihan dari bermain estafet :
  1. Dapat mengembangkan anak dalam berpikir simbolik yakni pada saat menghitung jumlah benda yang berhasil dipindahkan saat bermain estafet, menyebutkan urutan lambang bilangan 1-10 pada benda yang dipindahkan, dan lain sebagainya.
  2. Dapat meningkatkan sikap kooperatif pada anak, karena dalam bermain estafet anak melakukan kerjasama dengan teman dalam kelompok saat memindahkan benda dari satu tempat ke tempat lainnya.
  3. Dapat mengembangkan fisik-motorik pada anak saat memindahkan benda dari satu tempat ke tempat lainnya.
  4. Dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak yakni dalam berkomunikasi secara lisan baik dengan teman dalam kelompok maupun dengan guru.
  5. Dapat menumbuhkan rasa antusiasme pada diri anak, karena dalam bermain estafet dikemas dalam bentuk perlombaaan yang tentunya terdapat kelompok yang menang dan kalah sehingga anak terpacu untuk semangat dalam bermain agar dapat memenangkan perlombaan tersebut.


Selain kelebihan, terdapat pula kekurangan dari bermain estafet yakni :
  1. Dapat membuat anak-anak yang menunggu giliran dalam bermain estafet merasa bosan dan enggan untuk bermain.
  2. Jika salah satu anak dalam kelompok tidak memahami aturan dalam bermain, maka aktivitas bermain yang dilakukan akan terhambat.
  3. Dapat membuat anak merasa lelah, karena dalam bermain estafet dibutuhkan energi yang cukup banyak terkuras.

Subscribe to receive free email updates: