Pengertian Berpikir

Advertisement
Jejak PendidikanSetiap individu berpikir menggunakan pikirannya. Kemampuan setiap individu dalam berpikir menentukan cepat tidaknya atau terselesaikan tidaknya suatu masalah yang sedang dihadapi. Cara individu dalam bertingkah laku serta bertindak dalam menghadapi masalah yang ada juga dapat mewujudkan pemecahan masalah bukan hanya sekedar terselesaikan dengan cepat namun juga dengan tepat. 

Menurut Khodijah (2014 : 103) Berpikir adalah memproses informasi secara mental atau secara kognitif. Secara lebih formal, berpikir adalah penyusunan ulang atau manipulasi kognitif baik informasi dari lingkungan maupun simbol-simbol yang disimpan dalam long-term memory.

Informasi yang diproses saat berpikir dapat diperoleh dari mana saja, baik dari lingkungan terdekat kita yakni lingkungan keluarga maupun dari lingkungan sekitar dan lingkungan masyarakat. Informasi yang telah diperoleh sebelumnya akan disimpan di memori otak. Ketika diperlukan, informasi yang telah tersimpan tersebut dapat disusun kembali untuk dikaitkan dengan informasi atau pengetahuan yang baru diperoleh. Hal tersebut memuat diri manusia lebih kaya akan pengetahuan serta mengasah kemampuan untuk dapat mengingat kembali informasi yang telah tersimpan dalam memori otak untuk disatukan dengan informasi terkini yang diterima oleh otak. 

Sedangkan menurut Jamaris (2013 : 80) Kemampuan berpikir adalah salah satu aspek yang berpengaruh terhadap munculnya kreativitas seseorang. Kemampuan berpikir ini merangkai kemampuan dalam mensintesis, menganalisis, mengevaluasi, dan mengaplikasikan berbagai informasi yang menghasilkan berbagai alternatif dalam pemecahan masalah atau memproduk kreasi baru.

Kreativitas seseorang dapat muncul ketika otak menjalankan fungsinya dalam berpikir. Dalam hal ini, berpikir yang dimaksud adalah berpikir dalam menemukan ide-ide baru yang kemudian memunculkan inovasi untuk membuat suatu kreasi baru. Berpikir juga digunakan dalam menerapkan informasi yang diperoleh sebagai cara untuk memecahkan masalah dalam kehidupan.

Berdasarkan pendapat dari beberapa ahli di atas yang dimaksud dengan berpikir adalah suatu proses pembentukan ide-ide dan gagasan dalam memecahkan permasalahan yang ada. Pada saat memecahkan masalah yang dihadapi, membutuhkan berbagai macam proses hingga permasalahan tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Proses tersebut meliputi kegiatan mensintesis, menganalisis, mengevaluasi dan mengaplikasikannya dalam
bentuk pemecahan masalah ataupun pembentukan sebuah kreasi baru sebagai alternatif pemecahan masalah.

Subscribe to receive free email updates: