Implikasi Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an Karya Abu Zakariya Yahya Bin Syaraf An-Nawawi Terhadap Pendidikan Islam

Advertisement
Jejak Pendidikan- Setelah dipaparkan mengenai kompetensi kepribadian guru menurut An-Nawawi, dapat disimpulkan bahwa implikasi kompetensi kepribadian guru menurut An-Nawawi dalam pendidikan Islam sangat berdampak kepada pendidik dan juga peserta didik.

baca juga 
Bagi pendidik berdampak kepada kepribadian sehari-hari yang akan menjadikan suri tauladan bagi peserta didik. Semua aspek mengenai kompetensi guru akan melebur jadi satu yang berupa sikap tauladan. Sikap tauladan, dalam arti sebagai seorang guru melalui perkataan dan perbuatan menjadikan dirinya pola panutan dan acuan orang-orang yang dipimpinnya. Guru dapat memberi teladan langsung di depan muridnya, tetapi bisa juga tidak langsung jika kemudian muridnya mencontoh perilakunya. 



Karena secara ataupun tidak sengaja murid akan sedikit banyak mencontok perilaku seorang guru. Perilaku buruk maupun baik akan terkenang selalu dalam benak muridnya. Jika hal ini terelesiasikan, peserta didik akan melihat apapun yang dikerjakan oleh guru. Semua hal mengenai guru akan tertanam dalam diri peserta didik. Peserta didik menganggap guru adalah idolanya, panutan dalam hal pribadi.

Subscribe to receive free email updates: