Pengertian Manajemen

Advertisement
www.jejakpendidikan.com
pengertian manajemen
Jejak Pendidikan- Banyak orang menyebut kata Manajemen, namun kebanyakan pula tidak mengetahui definisi dari manajemen. Maka berikut kami akan menjelaskan pengertian manajemen dari segi bahasan dan menurut tokoh.  Manajemen berasal dari kata kerja “manage”. Kata ini menurut kamus The Random House Dictionary of the English Language, College Edition, berasal dari bahasa Italia “manegg (iare)” yang bersumber pada perkataan Latin “manus” yang berarti “tangan”. Secara harfiah manegg (iare) berarti “menangani atau melatih kuda”, sementara secara maknawiah berarti “memimpin, membimbing atau mengatur”. Ada juga yang berpendapat bahwa manajemen berasal dari kata kerja bahasa Inggris “to manage” yang sinonim dengan to hand, to control, dan to guide (mengurus, memeriksa, dan memimpin).[1]

baca juga (tujuan dan fungsi manajemen)
Di bawah ini dijelaskan beberapa pendapat yang menjelaskan tentang pengertian manajemen sebagai berikut:

Drs. H. Malayu S. P. Hasibuan dengan singkat saja member gambaran Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumbersumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Andrew F. Sikula adalah salah satu dari penyumbang ilmu menurutnya Manajemen pada umumnya dikaitkan dengan aktivitas-aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi, dan pengambil keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien.

G. R Terry sebagai ahli yang tidak asing lagi didunia pendidikan khususnya, Terry mendefinisikan Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumbersumber lainnya.

Harold Koontz dan Cyril O’Donnel mengemukakan pendapat mereka Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan pengendalian.[2]

Dari pengertian di atas dapat diartikan manajemen merupakan rencana kerja, mengorganisasikan penyaluran dari aktivitas-aktivitas dan tugas-tugas orang lain, mengarahkan staf di bawahnya dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan orang lain.
manajemen ialah suatu proses dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan mengarahkan dan mengelola orang-orang berbagai latar belakang berbeda-beda dengan tujuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

bila diperhatikan maka sebenarnya terdapat enam pertanyaan kunci untuk mengurai manajemen. Pertanyaan-pertanyaan dasar tersebut lazim disingkat dengan lima W dan satu H, yaitu:
  1.  what (apa) menanyakan tentang apa yang dikerjakan manajemen.
  2. why (mengapa) mengapa/alasan manajemen dibutuhkan
  3. when (kapan) kapan/pada waktu bagaimana manajemen dibutuhkan
  4. where (dimana) tempat manajemen ditemukan
  5. who (siapa) siapa anggota manajemen
  6. how (bagaimana) bagaimana mengerjakan manajemen. pertanyaan how ini mencakup sistem dan tata kerja praktik.




[1] Mulyono, Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008), hlm. 16.
[2] Malayu S. P. Hasibuan, Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), hlm. 2-3.

Subscribe to receive free email updates: