Pengertian Tujuan dan Manfaat Manajemen

Advertisement
JEJAK PENDIDIKAN-Pengertian, Tujuan dan Manfaat Manajemen
http://fahrizal91.blogspot.co.id/
http://fahrizal91.blogspot.co.id/
Manajemen berasal dari kata kerja “manage”. Kata ini menurut kamus The Random House Dictionary of the English Language, College Edition, berasal dari bahasa Italia “manegg (iare)” yang bersumber pada perkataan Latin “manus” yang berarti “tangan”. Secara harfiah manegg (iare) berarti “menangani atau melatih kuda”, sementara secara maknawiah berarti “memimpin, membimbing atau mengatur”. Ada juga yang berpendapat bahwa manajemen berasal dari kata kerja bahasa Inggris “to manage” yang sinonim dengan to hand, to control, dan to guide (mengurus, memeriksa, dan memimpin). [1]
Di bawah ini dijelaskan beberapa pendapat yang menjelaskan tentang pengertian manajemen sebagai berikut:[2]
baca juga pengertian (manajemen)
1) Drs. H. Malayu S. P. Hasibuan
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumbersumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

2) Andrew F. Sikula
Manajemen pada umumnya dikaitkan dengan aktivitas-aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi, dan pengambil keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien.

3) G. R Terry
Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumbersumber lainnya.

4) Harold Koontz dan Cyril O’Donnel
Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan pengendalian.
Jadi dari pengertian di atas dapat disimpulkan manajemen ialah suatu proses dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan mengarahkan dan mengelola orang-orang berbagai latar belakang berbeda-beda dengan tujuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sesungguhnya, terdapat enam pertanyaan kunci untuk mengurai manajemen. Pertanyaan- pertanyaan dasar tersebut lazim disingkat dengan lima W dan satu H, yaitu what (apa) menanyakan tentang apa yang dikerjakan manajemen; why (mengapa) mengapa/alasan manajemen dibutuhkan; when (kapan) kapan/pada waktu bagaimana manajemen dibutuhkan; where (dimana) tempat manajemen ditemukan; who (siapa) siapa anggota manajemen; how (bagaimana) bagaimana mengerjakan manajemen, pertanyaan how ini mencakup sistem dan tata kerja praktik.[3]
Tujuan dan Manfaat Manajemen
Adapun tujuan serta manfaat diterapkan ilmu manajemen adalah sebagai berikut:
1) Mampu memberikan arah pencapaian kinerja sehingga dapat dikerjakan berdasarkan time schedule.
2) Mampu menempatkan kerja yang mengedepankan konsep efisiensi dan efektifitas. Efisiensi dilihat dari segi biaya yang dipergunakan sesuai dengan alokasi yang dianggarkan bahkan jika memungkinkan lebih rendah dari yang teralokasi. Sedangkan konsep efektifitas melihat dari sisi penghematan waktu yang bisa dilakukan, artinya mampu dilaksanakan secara tepat waktu yang direncanakan.
3) Menerapkan konsep manajemen yang memenuhi standar-standar aturan yang telah disepakati.


[1] Mulyono, Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008), h. 16.
[2] Malayu S. P. Hasibuan, Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), h. 2-3.
[3] Didin Kurniadin dan Imam Machali, Manajemen Pendidikan, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), h. 17.

Subscribe to receive free email updates: