Pengertian Kecakapan Hidup (Life Skill)

Advertisement
Pengertian Life Skill
Jejak Pendidikan- dalam pendidikan sangat diperlukan kecakapan hidup, karena ini merupakan wujud dari kesadaran peserta didik dalam menuntut ilmu karena selain dituntut kemampuan, juga mencakup pola pikir yang sangat berpengaruh dalam mutu belajar dalam meningkarkan hasil belajar. Kecakapan berpikir pada dasarnya merupakan kecakapan menggunakan pikiran/rasio secara optimal. Kecakapan berpikir mencakup antara lain kecakapan menggali dan menemukan informasi (information searching), kecakapan mengolah informasi dan mengambil keputusan secara cerdas (information processing and decision making skills), serta kecakapan memecahkan masalah secara arif dan kreatif (creative problem solving skill). 

Kecakapan menggali dan menemukan informasi memerlukan kecakapan dasar, yaitu membaca, menghitung dan melakukan observasi. Sementara itu, kecakapan bertindak meliputi:
  1. pesan verbal,
  2. pesan suara,
  3. pesan melalui gerak tubuh,
  4. pesan melalui sentuhan,
  5. pesan melalui tindakan, misalnya mengirim bunga dan sebagainya.[1]
Secara definisi kecakapan hidup merupakan kecakapan yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi problema hidup dan kehidupan dengan wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga akhirnya mampu mengatasinya.

Tujuan dari pendidikan kecakapan hidup ini adalah untuk memfungsikan pendidikan sesuai dengan fitrahnya, yaitu mengembangkan potensi manusiawi peserta didik untuk menghadapi perannya di masa datang. Adapun pendidikan kecakapan hidup ini memiliki beberapa tujuan, yang meliputi:
  1. Mengaktualisasikan potensi peserta didik sehingga dapat digunakan untuk memecahkan problem yang dihadapi.
  2. Merancang pendidikan agar fungsional bagi kehidupan peserta didik dalam menghadapi kehidupan di masa datang.
  3. Memberikan kesempatan kepada sekolah untuk mengembangkan pembelajaran yang fleksibel, sesuai dengan pendidikan berbasis luas.
Mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya di lingkungan madrasah, dengan memberikan peluang pemanfaatan sumberdaya yang ada di masyarakat, sesuai dengan prinsip manajemen berbasis sekolah.[2]

Oleh itu dapat disimpulkan bahwa kecakapan hidup merupakan suatu ketrampilan yang dimiliki oleh seseorang agar dapat menghadapi tantangan hidup di masa yang akan datang yang sangat menentukan potensi diri dan kualitas bangsa.



[1] Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum,(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012), h. 241.
[2] Sugeng Listyo Prabowo dan Faridah Nurmaliyah, Perencanaan Pembelajaran, (Malang: UIN Maliki Press, 2010), h. 199.

Subscribe to receive free email updates: