Kelebihan dan Kekurangan Benda Konkret

Advertisement
Jejak Pendidikan- Penggunaan media pembelajaran benda konkret tentunya memiliki kelebihan maupun kekurangan. Menurut Basuki Wibawa dan Farida Mukti (1993:55) bahwa memanfaatkan benda konkret sebagai media pembelajaran siswa akan lebih aktif dan dapat mengamati, menangani, memanipulasi, mendiskusikan, dan menjadi alat untuk meningkatkan kemauan siswa menggunakan sumber belajar serupa. Menurut Sungkono (2007: 35) bahwa kehadiran benda konkret akan mampu menjaga perhatian dan menumbuhkan kegiatan yang aktif.

Menurut Ibrahim dan Syaodih (2008: 118) bahwa terdapat kelemahan dan kekurang benda konkret yaitu:

a. Kelebihan


  1. Memberikan kesempatan semaksimal mungkin kepada anak untuk mempelajari dan melaksanakan tugas-tugas dalam situasi nyata.
  2. Memberi kesempatan kepada anak untuk mengalami sendiri situasi yang sesungguhnya dan melatih keterampilan menggunakan alat inderanya sebanyak mungkin.


b. Kekurangan


  1. Biaya yang diperlukan terkadang tidak sedikit apalagi ditambah dengan kemungkinan kerusakan dalam penggunaannya.
  2. Tidak selalu dapat memberikan gambaran dari benda yang sebenarnya sehingga pembelajaran perlu didukung dengan media lain.


Berdasarkan beberapa teori tersebut bahwa penggunaan benda konkret dapat menjaga pusat perhatian anak dalam pembelajaran dan membuat anak lebih aktif. Dengan menggunakan benda konkret maka anak akan dapat mengamati, menangani, memanipulasi, mendiskusikan langsung menggunakan benda konkret dalam pembelajaran. Akan tetapi benda konkret juga memiliki kelemahan yaitu tidak selalu dapat mencangkup seluruh gambaran yang sesuai dengan aslinya. Oleh karena itu perlu adanya media yang mendukung sehingga pembelajaran dengan menggunakan benda konkret dapat dilakukan secara optimal.

Subscribe to receive free email updates: