Tujuan Disiplin Belajar

Advertisement
Jejak Pendidikan- Menanamkan disiplin belajar dalam menumbuhkan dan mengembangkan
proses untuk bertingkah laku sesuai harapan. Menurut Sukardi (2007: 38) menyatakan bahwa apabila tidak ada pembatasan terhadap tingkah laku, maka seorang manusia akan melakukan berbagai hal sesuka hatinya yang tidak berdasarkan kebutuhan maka harus diwujudkan dalam suatu bentuk peraturan atau tata tertib. Peraturan dan tata tertib tersebut tentu tidak akan bermanfaat tanpa diiringi disiplin setiap orang yang terikat dalam peraturan atau tata tertib. 

Menurut Zuriah (2007: 23) menyatakan bahwa tujuan disiplin belajar ialah agar mematuhi tertib dan teratur sesuai dengan waktu dan tempatnya, serta belajar dengan penuh ketekunan dan tanpa paksaan dari siapapun atau ikhlas. Sedangkan menurut Durkheim dalam Ginting (2000: 35) menyatakan bahwa, disiplin belajar memiliki tujuan ganda yaitu:
  1. Mengembangkan suatu keteraturan tertentu dalam tindak-tanduk manusia dan memberinya suatu sasaran tertentu yang sekaligus juga membatasi cakrawalanya.
  2. Mengembangkan sikap yang lebih mengutamakan hal yang merupakan kebiasaan dan juga membatasinya.
  3. Mengatur dan memaksa.
  4. Menjawab segala sesuatu yang selalu terulang dan bertahan lama dalam hubungan manusia.

Dapat disimpulkan bahwa tujuan disiplin belajar yaitu mengembangkan keteraturan dalam bentuk peraturan, serta mengembangkan kebiasaan manusia, sekaligus membatasi tindak-tanduk manusia agar tetap berada di koridor seharusnya. Berdasarkan hal tersebut, berarti seseorang yang hanya mematuhi tata tertib tanpa adanya kesadaran, ketekunan dan ikhlas belum dapat dikatakan disiplin belajar.

Subscribe to receive free email updates: