Pengintegrasian Disiplin di Sekolah

Advertisement
Jejak Pendidikan- Siswa harus disiplin dalam belajar baik di sekolah, di rumah maupun di perpustakaan. Karena, dengan disiplinlah akan didapatkan kesuksesan dalam segala hal termasuk dalam belajar, dengan disiplinlah didapatkan keteraturan dalam kehidupan, dapat menghilangkan kekecewaan orang lain, dan orang lain pun dapat mengaguminya. 

Menurut Bani (2011: 45) menyatakan bahwa disiplin dapat menjadi kebiasaan siswa yang terus dilaksanakannya maka disiplin perlu diintegrasikan dalam aktivitas belajar anak sehari-hari. Sedangkan menurut Zuriah (2007: 88) menyatakan, contoh pengintegrasian disiplin disekolah pada saat kegiatan olahraga, upacara bendera, dan menyelesaikan tugas yang diberikan guru.

Menurut Durkheim dalam Ginting (2000: 106) menjelaskan bahwa dalam kenyataan memang telah ada sistem aturan menyeluruh di sekolah yang menentukan perilaku si anak dalam pengintegrasian disiplin di sekolah harus teratur masuk kelas, harus tiba pada waktu yang sudah ditetapkan, ia tidak boleh membuat onar di kelas, ia harus sudah mempersiapkan pelajarannya, mengerjakan pekerjaan rumah, dan telah menyelesaikannya dengan baik. 

Berdasarkan berbagai pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam pengintegrasian disiplin di sekolah berarti ada sejumlah kegiatan yang harus dilakukan siswa di sekolah. Kegiatan tersebut diintegrasikan di sekolah bertujuan untuk membentuk sikap disiplin siswa. Melalui pengintegrasian tersebut diharapkan siswa dapat menanamkan sikap disiplin dalam kegiatan sehari-harinya.

Subscribe to receive free email updates: