Teori Belajar Kostruktifisme

Advertisement
Jejak Pendidkan- Kontruktivisme adalah sebuah filosofi pembelajaran yang dilandasi premis bahwa dengan merefleksikan pengalaman, kita membangun, mengkonstruksi pengetahuan pemahaman kita tentang dunia tempat kita hidup. Asal kata konstruktivisme adalah “to construct” yang artinya membangun atau menyusun. 

Menurut Anggriamurti (2009: 25) bahwa teori konstruktivisme adalah suatu teori belajar yang menenkankan bahwa para siswa sebagai pembelajar tidak menerima begitu saja pengetahuan yang mereka dapatkan, tetapi mereka secara aktif membangun pengetahuan secara individual yaitu dengan cara disiplin dalam belajar. 

Menurut Purnama (2010: 85) bahwa konstruktivisme adalah salah satu filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan kita adalah bentukan pada diri sendiri. Pengetahuan itu dibentuk oleh struktur konsepsi seseorang sewaktu berinteraksi dengan lingkungannya. Sehingga dapat dianalisa bahwa teori konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan menciptan disiplin dalam belajar pada sesuatu makna dari apa yang dipelajari.

Subscribe to receive free email updates: