Pengertian Bimbingan Pribadi Sosial

Advertisement
Jejak PendidikanBimbingan pribadi-sosial merupakan usaha bimbingan, dalam menghadapi dan memecahkan masalah pribadi-sosial, seperti penyesuaian diri, menghadapi konflik dan pergaulan. (Sukardi, 1993:218)

Hal senada juga diungkapkan oleh Yusuf (2005:72) yang mengungkapkan bahwa bimbingan pribadi-sosial adalah bimbingan untuk membantu para individu dalam memecahkan masalah-masalah sosial-pribadi.

Masalah-masalah sosial-pribadi adalah masalah hubungan dengan sesama teman, dengan guru serta staf, permasalahan sifat dan kemampuan diri, penyesuaian diri dengan lingkungan pendidikan dan masyarakat tempat mereka tinggal dan penyelesaian konflik.

Dari uraian diatas, dapat kita lihat bahwa materi dalam bimbingan pribadi sosial diantara nya ialah penyesuaian diri dengan lingkungan pendidikan dan masyarakat tempat mereka tinggal dan penyelesaian konflik, hal tersebut merupakan salah satu materi yang berhubungan dengan perilaku membolos. Maka perilaku ini tepat jika dikategorikan sebagai bidang bimbingan pribadi-sosial.

Subscribe to receive free email updates: