Implikasi Berpikir Simbolik Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak

Advertisement
Jejak Pendidikan- Terdapat keterkaitan antara berpikir simbolik dengan perkembangan anak, salah satunya adalah kaitannya dalam mengembangkan kreativitas pada diri anak. Berbagai usaha dapat dilakukan dalam rangka mengembangkan kreativitas anak yang ada pada fase pra-operasional yakni pada rentang usia 2-7 tahun yang berkaitan dengan berpikir simbolik anak. 

Menurut Jamaris (2013 : 85) Terdapat kondisi-kondisi yang kondusif bagi usaha pengembangan kreativitas anak, seperti yang dijelaskan sebagai berikut ini :
  1. Memberikan berbagai kesempatan untuk kemunculan perilaku yang kreatif. Permainan simbolik yang dilakukan anak merupakan wahana yang dapat dimanfaatkan dalam mengembangkan kreativitas anak. Fantasi dan imajinasi adalah bentuk kreativitas yang ditampilkan anak.
  2. Memperlihatkan pada anak bahwa fantasi dan imajinasi yang ditampilkannya memiliki nilai-nilai tertentu.
  3. Meminta anak untuk menceritakan tentang fantasi dan imajinasinya.

Melalui berpikir simbolik, anak juga dapat mengembangkan diri dalam hal kreativitasnya. Tugas orang tua dan guru dalam mengembangkan kreativitas anak adalah dengan cara mengemas pembelajaran melalui permainansimbolik yang menyenangkan bagi anak. melalui permaian simbolik anak dapat mengembangkan imajinasi dan daya khayalnya terhadap objek-objek yang ada disekitarnya. Fantasi pun muncul seiring dengan imajinasi yang muncul. Anak dapat mengungkapkan segala imajinasi dan kreativitas yang ada di dalam pikirannya ke dalam bentuk kata-kata maupun kalimat sehingga orang-orang yang ada disekitarnya dapat mengetahui apa yang menjadi fantasi di dalam otak anak saat melakukan permainan.

Berdasarkan pendapat dari ahli diatas dapat dikatakan bahwa fantasi dan imajinasi yang anak ciptakan sendiri dalam berpikir simbolik dapat mengembangkan kreativitas pada diri anak. Kreativitas anak semakin berkembang ketika ia dapat mengungkapkan fantasi dan imajinasinya kepada orang lain melalui kata-kata maupun kalimat. Tugas orang tua serta guru sangatlah penting dalam hal menggali kreativitas anak yang dapat dilakukan melalui permainan simbolik.

Subscribe to receive free email updates: