Pengertian Belajar

Advertisement
Jejak Pendidikan- Pembelajaran merupakan proses pendidikan yang dilakukan agar tujuan pendidikan dapat tercapai, yang terdapat kegiatan mengajar yang dilakukan guru dan kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa. Dimyati dan Mujono (2009: 22) menyatakan bahwa, siswa adalah subjek yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, namun pada umumnya siswa belum menyadari pentingnya belajar. Pada saat ini tidak banyak siswa yang menganggap belajar adalah suatu kebutuhan yang harus dilakukan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan serta prestasinya. 

Banyak yang memandang kegiatan belajar sebagai formalitas yang harus mereka lakukan di sekolah maupun ketika di rumah. Melalui belajar siswa memahami dan memandang maupun ketika di rumah. Melalui belajar siswa memahami dan memandang kegiatan belajar sebagai formalitas yang harus mereka lakukan di sekolah maupun ketika di rumah. Melalui belajar siswa memahami dan menguasai sesuatu sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuannya menjadi baik.

Menurut Hamalik (2012: 27) belajar merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil dan tujuan. Belajar bukan hanya mengingat lebih luas dari itu yakni mengalami. Sedangkan menurut Siahaan dalam Hamiyah, (2014: 20) mengartikan belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dengan cara bertingkah laku yang baru berdasarkan pengalaman dan latihan. Perubahan yang dimaksud Siahaan berupa kegiatan yang dilakukan dengan berulang-ulang. Sehingga dengan belajar seseorang mengalami suatu perubahan di dalam dirinya yang dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti perubahan dari tidak bisa menjadi bisa, tidak disiplin menjadi disiplin, dan tidak terampil menjadi terampil.

Selain proses mengalami, diperoleh berdasarkan pengalaman siswa dan perubahan cara bertingkah laku, Djamarah (2011: 13) menyebutkan tiga ranah yang menyangkut perubahan tingkah laku dengan menyatakan bahwa belajar adalah serangkaian jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor. Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan suatu proses pendidikan yang dilakukan berdasarkan pengalaman dan latihan siswa yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut ranah kognitif, afektif dan psikomotor untuk memperoleh perubahan cara bertingkah laku.

Subscribe to receive free email updates: