Teknik Pengumpulan Data

Advertisement
Jejak Pendidikan- Tenik pengumpulan data yang dikenal oleh penelitian kualitatif pada umumnya pertama adalah wawancara mendalam, kedua adalah teknik observasi, ketiga teknik dokumentasi.

a. Wawancara
Wawancara adalah percakapan dengan maksud tertentu. Percakapan itu dilakukan oleh dua pihak yaitu pewawancara (interviewer) yang mengajukan pertanyaan dan yang diwawancarai (interviewee) yang memberikan jawaban atas pertanyaan itu. Dalam bentuknya yang paling sederhana wawancara terdiri atas sejumlah pertanyaan yang dipersiapkan oleh peneliti dan diajukan kepada seseorang mengenai topik penelitian secara tatap muka, dan peneliti merekam jawabannya.

Dalam wawancara peneliti memakai pedoman wawancara berstruktur yaitu pertanyaan dan alternatif jawaban yang diberikan kepada interviewer telah ditetapkan terlebih dahulu.65 Dalam wawancara berstruktur pewawancara menetapkan sendiri masalah dan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukannya. Dalam penelitian ini, teknik wawancara digunakan untuk menghimpun berbagai informasi tentang, pemanfaatan sumber belajar guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Informan dalam wawancara ini adalah guru mata pelajaran Agama Islam sebagai pemanfaat sumber belajar Pendidikan Agama Islam, serta waka kurikulum sebagai pengawas yang mengamati proses pemanfaatan sumber balajar tersebut. Dalam hal ini juga akan diketahui mengenai faktor yang menghambat dan faktor yang mendukung pemanfaatan sumber belajar guru PAI.

b. Observasi
Dalam metode observasi ini, peneliti menggunakan jenis observasi partisipan. Observasi partisipan adalah observasi yang dilakukan apabila observer (orang yang melakukan observasi) turut ambil bagian dalam atau berada dalam keadaan obyek yang diobservasi.66 Metode ini digunakan untuk memperoleh data tentang gambaran umum lokasi penelitian, keadaan sarana dan prasarana dan lain-lain. Peneliti langsung ikut serta dalam obyek yang diselidiki. Dalam hal ini peneliti langsung observasi ke lokasi penelitian untuk mendapatkan data tentang bagaimana pemanfaatan sumber belajar maupun keadaan sarana dan prasarana yang ada.


c. Dokumentasi
Dokumentasi adalah pengumpulan data dengan cara mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa buku-buku, surat kabar, majalah, dokumen, catatan harian dan sebagainya. Metode ini digunakan untuk mengetahui keadaan dalam memanfaatkan sumber belajar guru PAI oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Data yang dicantumkan berupa foto-foto saat penelitian berlangsung.



Rujukan:
  1. Hamidi, Metode Penelitian Kualitatif Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian (Malang : UMM Press, 2004) , Hlm 72.
  2. Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif : ANALISIS DATA, (Jakarta : RAJAGRAFINDO PERSADA, 2010), Hlm 50
  3. Nurul Zuriah, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006), Hlm 181

Subscribe to receive free email updates: