Data dan Sumber Data

Advertisement
Jejak Pendidikan- Sumber data dari penelitian ini adalah subyek dari mana data dapat diperoleh. Adapun Sumber data yang digali dalam penelitian ini terdiri dari Sumber data utama yang berupa kata-kata dan tindakan, serta Sumber data tambahan yang berupa dokumen-dokumen. Sumber dan jenis data terdiri dari data dan tindakan, Sumber data tertulis, dan foto. Sehingga beberapa sumber data yang dimanfaatkan dalam penelitian ini meliputi :

a. Sumber data utama (primer), yaitu sumber data yang diambil peneliti melalui wawancara dan observasi.

Sebagaimana yang diungkapkan Moleong bahwa: kata-kata dan tindakan orang-orang yang diamati atau yang diwawancara merupakan sumber data utama. Sumber utama dicacat melalui catatan tertulis dan melalui perekaman video atau audio tape, pengambilan foto atau film, pencatatan sumber data utama melalui wawancara atau pengamatan berperan serta sehingga merupakan hasil utama gabungan dari kegiatan melihat, mendengar dan bertanya.

b. Sumber data tambahan (sekunder), yaitu sumber data di luar kata-kata dan tindakan yakni sumber data tertulis. Sumber tertulis dapat dibagi atas sumber dari buku dan majalah ilmiah, sumber data arsip, dokumentasi yang digunakan penulis dalam penelitian ini.

Subscribe to receive free email updates: