Pentingnya memahami Gaya Belajar

Advertisement
Jejak Pendidikan- Pada masa kini, setiap orang yang bekerja dalam bidang pendidikan harus sadar dengan adanya keragaman manusia dan harus berbuat lebih dari sekedar mengetahui adanya perbedaan antar siswa di kelas. Guru sebagai seorang pendidik harus mengetahui bahwa setiap individu memiliki karakteristik belajar yang berbeda. Namun terkadang guru beranggapan bahwa mereka merasa tahu apa yang terbaik untuk siswa. Anggapan ini yang menjadikan guru menerapkan metode yang menurut mereka berhasil tanpa ada pemahaman terhadap keragaman karakteristik gaya belajar pada siswa.

Belajar individual merupakan suatu kebutuhan dari setiap siswa. Ketika siswa memperoleh pengalaman saat individualitas mereka diterima dan dibiarkan, bahkan didorong untuk belajar dengan cara mereka sendiri, maka menjadikan motivasi belajar siswa meningkat, tugas sekolah menjadi lebih menyenangkan, dan keterampilan belajar membaik. Hal ini berdampak pula terhadap prestasi belajar yang diraih.

Apabila guru ingin berhasil merangkul seluruh siswanya, maka pertimbangan terhadap perbedaan gaya belajar perlu diperhatikan.Selain peran seorang guru, orang tua juga memiliki pengaruh dalam pendidikan seorang siswa. Kaitannya dengan kesuksesan dalam belajar, maka orang tua juga harus memperhatikan perbedaan kebutuhan belajar dan gaya belajar yang diterapkan putra-putrinya.

Orang tua harus mulai memahami dan mendukung individualitas anak mereka dalam hal belajar, sekolah, dan pekerjaan rumah. Hal ini akan berdampak positif terhadap kehidupan keluarga, komunikasi dan interaksi antara orang tua dan anak-anak. Sehingga menghasilkan keharmonisan dalam kehidupan berkeluarga. 

Subscribe to receive free email updates: