Kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013

Advertisement
Jejak Pendidikan- Kurikulum Pendidikan Agama Islam adalah semua pengetahuan, aktivitas (kegiatan-kegiatan) dan juga pengalaman-pengalaman yang dengan sengaja dan secara sistematis diberikan oleh pendidik kepada anak didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan agama. Setidaknya terdapat dua komponen dalam Kurikulum 2013 yang menyimpan harapan terbentuknya karakter peserta didik, yaitu:


1) Formulasi kurikulum (standar isi)

Formulasi standar isi pada Kurikulum 2013 menggunakan istilah Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD). Klasifikasi KI terdiri dari aspek afektif spiritual, afektif sosial, kognitif dan psikomotorik. Dilihat dari sisi ini jelas bahwa pembinaan karakter/akhlak mulia (afektif) menjadi skala prioritas dalam proses pembelajaran.


2) Komponen substansi

Substansi kurikulum Pendidikan Agama Islam memiliki nuansa karakter/akhlak mulia, sejak dari kelas I sampai kelas XII. Nilai-nilai afeksi terakomodir secara sempurna, baik pada KI maupun KDnya. Pada tingkat SD terdapat diantaranya; sikap jujur, kasih sayang, disiplin, percaya diri, rajin belajar, berani bertanya, hidup sehat dan peduli lingkungan, santun dalam berbicara, hormat pada orang tua dan guru, syukur atas nikmat yang diberikan, dan rajin beribadah. Pada tingkat SMP terdapat sikap jujur, ikhlas, sabar, pemaaf, tawakkal, hormat dan patuh pada orang tua dan guru, peduli lingkungan dan suka menolong, semangat menuntut ilmu, menghindari judi dan minuman keras, serta bersikap toleran dan menghargai perbedaan. Pada tingkat SMA, diantaranya terdapat sikap jujur, demokratis, hormat dan patuh pada orang tua dan guru, bersikap toleran dan menghargai perbedaan, berfikir kritis, semangat dalam menuntut ilmu, menghindari judi, narkoba, minuman keras, menghindari perbuatan zina dan pergaulan bebas, serta menghindari tindakan kekerasan (anarkis).

Subscribe to receive free email updates: