Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar II

Advertisement
Jejak Pendidikan- faktor guru, kualitas pembelajaran juga dipengaruhi oleh karakteristik kelas antara lain:

a. Besarnya Kelas
Banyak sedikitnya jumlah peserta didik yang belajar di dalam kelas. Ukuran yang biasa digunakan ialah ratio guru dengan peserta didik. Pada umumnya dipakai ratio 1:40, artinya satu orang pendidik mengajari 40 peserta didik. Semakin banyak jumlah peserta didik yang harus diajar seorang pendidik dalam satu kelas maka semakin rendah kualitas pembelajaran yang dihasilkan, demikian pula sebaliknya.

b. Suasana Belajar
Suasana belajar yang demokratis akan memberikan peluang mencapai prestasi belajar yang optimal, dibandingkan dengan suasan belajar yang kaku, disiplin yang ketat dengan otoritas ada pada pendidik. Seorang pendidik harus memberi kesempatan pada peserta didiknya untuk memberikan komentar atau usulan tentang pelajaran yang sedang berlangsung. Jadi bukan hanya pendidik yang mengajar tapi peserta didik juga bisa saling mengajar antara satu dengan yang lainnya. Peserta didik juga akan merasa bahwa dirinya dianggap mampu dalam berargumen tentang materi pembelajaran yang sedang berlangsung.

c. Fasilitas dan Sumber Belajar
Banyak kita jumpai bahwa guru merupakan satu-satunya sumber belajar di dalam kelas, sehingga suasana seperti itu kurang menunjang kualitas pembelajaran, sehingga prestasi belajar yang dicapai tidak maksimal.

Selain dari beberapa faktor di atas, kualitas pembelajaran juga dipengaruhi oleh karakteristik lembaga pendidikan tersebut. Karakteristik tersebut berkaitan dengan disiplin, perpustakaan yang tersedia dengan buku-buku yang memadai, letak geografis, lingkungan lembaga pendidikan, estetika dalam arti lembaga pendidikan memberikan rasa nyaman, kepuasan belajar, bersih, rapi, dan teratur.

Melihat pemaparan di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa setidaknya ada tiga poin penting dalam kualitas belajar yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seseorang, antar lain kompetensi guru (pendidik), karakteristik kelas, dan karakteristik sekolah (lembaga pendidikan).

Subscribe to receive free email updates: