Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Advertisement
Jejak Pendidikan- Prestasi belajar yang dapat dicapai oleh seseorang dapat dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik yaitu faktor utama kemampuan yang dimilikinya. Faktor kemampuan besar sekali pengaruhnya terhadap prestasi belajar yang dicapai. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Clark bahwa hasil belajar peserta didik di sekolah 70% dipengaruhi oleh kemampuan peserta didik dan 30% dipengaruhi oleh lingkungannya.

Dilihat dari pendapat tersebut dapat kita ketahui bahwa faktor dari dalam seseorang lebih banyak berpengaruh terhadap sebuah pencapaian prestasi dibandingkan dengan faktor yang dating dari luar.

Motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, faktor fisik dan psikis juga menjadi faktor yang berpengaruh pada prestasi belajar seseorang. Beberapa faktor tersebut juga menjadi perhatian para ahli pendidikan untuk diteliti, sampai sejauh mana pengaruh yang diberikan dari faktor-faktor tersebut pada prestasi belajar seseorang. Prestasi belajar yang dapat diraih juga tergantung pada keadaan lingkungan sekitar. Artinya masih ada faktor lain yang berada diluar diri. 


seseorang tersebut yang dapat menentukan dan mempengaruhi prestasi belajar yang dicapai. Salah satu lingkungan belajar yang paling dominan mempengaruhi prestasi belajar pada lembaga pendidikan pendidikan adalah kualitas pembelajaran.

Kualitas pembelajaran adalah tinggi rendahnya proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tinggi rendahnya suatuproses belajar mengajar dapat dipengaruhi oleh banyak hal seperti bagaimana seorang pendidik menyampaikan materi pada peserta didiknya. Seorang pendidik dengan sejuta cara atau metode mengajar akan menghasilkan kualitas pembelajaran yang baik, karena pendidik yang kreatif akan mendpatkan perhatian dari peserta didiknya.

Pendapat ini sejalan dengan teori belajar di sekolah (Theory of school learning) dari Bloom yang menyatakan ada tiga variabel utama dalam teori belajar disekolah yaitu karakteristik individu, kualitas pembelajaran, dan hasil belajar peserta didik.

Sedangkan Caroll berpendapat bahwa prestasi belajar yang dicapai peserta didik dipengaruhi oleh lima faktor yaitu bakat belajar, waktu yang tersedia untuk belajar, waktu yang dipergunakan siswa untuk menjelaskan pelajaran, kemampuan individu, dan kualitas pembelajaran. Empat faktor yang pertama berkenaan dengan kemampuan individu dan faktor yang terakhir adalah faktor diluar individu. Kedua faktor diatas mempunyai hubungan lurus dengan prestasi belajar seseorang. Artinya semakin tinggi kemampuan seseorang dan kualitas pembelajaran maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang akan diraih.


Rujukan:
  1. Benyamin Bloom sebagaimana dikutip oleh Nanan Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo, 2000).
  2. Caroll sebagaimana dikutip oleh Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo, 2000).

Subscribe to receive free email updates: