Ruang Lingkup Pendidikan Spiritual

Advertisement
Jejak Pendidikan-Ruang lingkup pendidikan spiritual meliputi keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia dan hubungan hubungan manusia dengan dirinya sendiri, serta hubungan manusia dengan makhluk lain dan lingkungan.

Ruang lingkup pendidikan spiritual juga identik dengan aspek-aspek pndidikan agama islam karena apa yang ada didalamnya merupakan perpaduan yang saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Ruang lingkup pendidikan spiritual yang umum dilaksanakan adalah:
Ruang Lingkup Pendidikan Spiritual

a. Pengajaran Keimanan
Pengajaran keimanan berrati proses belajar tentang aspek kepercayaan,dalam hal ini tentunya kepercayaan menurut ajaran islam, inti dari keimanan ini menerangkan tentang agama.

b. Pengajaran Akhlak
Pengajaran akhlak adalah bentuk pengajaran yang mengaah pada pembentukan jiwa, cara bersikap individu pada kehidupannya, pengajaran ini berarti berarti proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan supaya yang di ajarkan berakhlak baik.

c. Pengajaran Ibadah
Pengajar ibadah adalah pengajaran tentang segala bentuk ibadah dan tata cara pelaksanaannya, yang bertujuan agar mampu melaksanakan ibadah dengan baik dan benar. Mengerti arti dan tujuan pelaksanaan ibadah.

d. Pengajaran Fiqh
Pengajaran fiqh adalah pengajaran yang isinya menyampaikan materi tentang segala bentuk-bentuk hukum islam yang bersumber pada al-Qur’an, sunnah, dan dalil-dalil syar’i yang lain. Tujuan dalam pengajaran ini untuk mengetahuai dan mengerti tentang hukum-hukum islam dan melaksanakannya sehari-hari.

e. Pengajaran Al-Qur’an
Pengajaran Al-Qur’an adalah pengajaran yang bertujuan agar dapat membaca Al-Qur’an dan mengerti arti kandungan yang terdapat di setiap ayat-ayat Al-Qur’an.

Rujukan:

Hasyimsyah Nasution, Filsafat Islam, Gaya Media: Jakarta.

Subscribe to receive free email updates: