Pengertian Pembelajaran

Advertisement
Jejak Pendidikan- Ungkapan yang lebih dikenal sebelumnya “pengajaran” adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Dalam konteks, pembelajaran adalah proses yang diselenggarakan oleh guru untuk membelajarkan siswa dalam belajar bagaimana belajar memperoleh dan memproses pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru secara terprogram dalam disain instruksional yang menciptakan proses interaksi antara sesama peserta didik, guru dengan peserta didik dan dengan sumber belajar. Pembelajaran bertujuan untuk menciptakan perubahan secara terus menerus dalam perilaku dan pemikiran siswa pada suatu lingkungan belajar.

Pengertian Pembelajaran

Sebuah proses pembelajaran tidak terlepas dari kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran pada hakekatnya merupakan proses interaksi antara siswa dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah lebih baik. Selama proses pembelajaran, tugas guru yang paling utama adalah mengkondisikan lingkungan belajar agar menunjang terjadinya perubahan perilaku bagi siswa.

Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau siswa. Berdasarkan teori belajar ada lima pengertian pembelajaran diantaranya sebagai berikut:

  1. Pembelajaran adalah upaya menyampaikan pengetahuan kepada siswa di sekolah.
  2. Pembelajaran adalah mewariskan kebudayaan kepada generasi muda melalui lembaga sekolah.
  3. Pembelajaran adalah upaya mengorganisasikan lingkungan untuk menciptakan kondisi belajar bagi siswa.
  4. Pembelajaran adalah upaya untuk mempersiapkan siswa untuk menjadi warga masyarakat yang baik.
  5. Pembelajaran adalah suatu proses membantu siswa menghadap kehidupan masyarakat sehari-hari.

Menurut Gagne sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Nazarudin, pembelajaran dapat diartikan sebagai seperangkat acara peristiwa eksternal yang dirancang untuk mendukung proses belajar yang sifatnya internal.

Menurut berbagai pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah suatu perubahan dari peristiwa atau situasi yang dirancang sedemikian rupa dengan tujuan memberikan bantuan atau kemudahan dalam proses belajar mengajar sehingga bisa mencapai tujuan belajar.


Rujukan: 

  1. Oemar Hamlik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
  2. Nazaruddin, Manajemen Pembelajaran, (Jogjakarta: Teras, 2007).
  3. Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran dalam Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008).
  4. Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rieneka Cipta, 2009).

Subscribe to receive free email updates: