Pengertian Pendekatan Kuratif

Advertisement
Jejak Pendidikan- Tindakan pengajaran remedial dikatakan bersifat kuratif kalau dilakukan setelah program PBM utama selesai diselenggarakan. Pendekatan ini diadakan mengingat kenyataannya ada seseorang atau sejumlah siswa, bahkan mungkin seluruh anggota kelompok belajar tidak mampu menyelesaikan program secara sempurna sesuai dengan kriteria keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Pelaksanaan layanan pengajaran remedial dapat diberikan secara perseorangan (individual) kalau ternyata siswa yang memerlukan bantuan itu jumlahnya terbatas, dan secara kelompok (peers group) kalau ternyata terdapat sejumlah siswa yang mempunyai jenis atau sifat kesulitan bersama.

Sasaran pokok dari tindakan ini siswa yang prestasinya jauh dibawah batas criteria keberhasilan minimal, diusahakan pada suatu saat tertentu dapat memadai kriteria keberhasilan minimal tersebut. Untuk mencapai sasaran pencapaian dapat menggunakan pendekatan, antara lain:

  1. Pengulangan
  2. Pengayaan/pengukuhan
  3. Percepatan (akselerasi)

Jika ketiga alternative teknik pendekatan itu memungkinkan untuk diadministrasikan secara efektif, kesulitan-kesulitan yang dialami siswa, baik dalam arti bagi keperluan peningkatan prestasi akademis maupun kemampuan penyesuaiannya mungkin berangsur dapat dikurangi dalam lingkungan dan sistem persekolahan.

Subscribe to receive free email updates: