Pengertian Metode Hattawiyah

Advertisement
Jejak Pendidikan- Metode berasal dari Bahasa Yunani Greek, yakni metha berarti melalui cara, jalan, alat atau gaya. Dengan kata lain, metode artinya jalan atau cara yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, W.J.S. Poerwardaminta mengatakan bahwa metode adalah cara yang teratur dan berfikir baik-baik untuk mencapai suatu maksud.

Sedangkan dalam kamus bahasa Indonesia kontemporer, metode adalah cara kerja yang sistematis ntuk mempermudah kegiatan dalam mencapai maksudnya.5 Dalam metodologi pengajaran agama Islam pengertian metode adalah suatu cara seni dalam mengajar

Pengertian HattawiyahSecara terminologi atau istilah, menurut Mulyanto Sumardi, bahwa metode adalah rencana menyeluruh yang berhubungan dengan penyajian materi pelajaran secara teratur dan tidak saling bertentangan dan didasarkan atas approach. Selanjutnya H. Muzayyim Arifin mengatakan bahwa metode adalah salah satu alat atau cara untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Metode Hattawiyah adalah cara cepat membaca al-Qur’an yang dimulai dari pengenalan huruf Hijaiyyah, tanda baca, melalui huruf latin kecuali huruf alif dan hamzah ( ء ). Untuk cara menggunakan metode Hattawiyah tidak sama dengan metode Iqra’, sebab metode Hattawiyah baru dapat dilaksanakan setelah murid pandai membaca huruf latin dengan lancar.


Metode Hattaiwyah ini terlaksana dengan tepat dan baik, akan berdampak positif kepada murid yaitu murid yang buta pada awalnya dengan huruf Hijaiyah dan tidak tahu sedikitpun dengan huruf al-Qur`an dapat atau pandai membaca al-Qur`an dalam masa 4,5 jam, atau enam kali belajar.

Rujukan: 

Muhammad. Hatta Usman, Metode Hattawiyyah, Darulfikir, Kuala Lumpur Malaysia, 1996,
Muzayyim Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, 1987.
Peter Salim, et-al, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Modern, English, Jakarta 1991. 

Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Kalam Mulya, Jakarta, 2001, 

Subscribe to receive free email updates: