Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan Karya Dr. Mansur, M.A

Advertisement
Jejak Pendidikan- Berikut penjelasan biografi Dr. Mansur, M.A

a. Profil singkat Penulis
Mansur lahir di Semarang, dari pasangan Ismail Mustakim dengan Naimah Nahrowi Haji, maka akrab dipanggil Mansur Isna (Mansur Ismail Naimah). Pendidikan formalnya diawali di SDN I pulutan, MTsN Salatiga, PGAN Salatiga, IAIN Walisongo, Pascasarjana (IAIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Doktor (S.3) Universitas Islam Negeri Yogyakarta semuanya mengambil jurusan pendidikan Islam.

Pendidikan informal dan nonformalnya diawali dengan ngaji kepada ayah kandungnya sendiri yang kebetulan ayahnya sebagai guru ngaji. Untuk selanjutnya ngudi ilmu (belajar atau mencari ilmu, red), nyantri dan tercatat sebagai santri di Pondok Pesantren salafiyah Pulutan. Ia juga pernah ngudi ilmu (belajar atau mencari ilmu, red) dan juga belajar di beberapa pondok pesantren lainnya. Sebagai seorang muslim yang berlatar belakang pondok pesantren walaupun sudah menikmati pendidikan tinggi (Doktor/S3) jurusan pendidikan islam. Dan pada tahun 2009 telah menyandang gelar profesor, namun sikap tawadlu‟, rendah hati dan kesederhanaan sebagai santri (pesantren culture/ budaya santri) selalu mewarnai hidupnya.

b. Deskripsi Buku
Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan, merupakan buku yang mengkaji tentang pendidikan pranatal yang dimulai dari pemilihan pasangan sampai pada anak siap untuk lahir kedunia. Alasan penulis menggunakan buku ini sebagai sumber data utama dalam penelitian ini adalah: buku ini memiliki banyak literature yang mengkaji tentang pendidikan anak dalam kandungan. Tinjauan dari kaca mata islam, kedokteran, dan juga psikologi. Buku ini menjelaskan dengan gamblang dan runtut mengenai pendidikan dalam kandungan.

Mansur sangat detail dalam menjelaskan pendidikan prantal ini, dari mulai masa pencarian jodoh sampai pada anak siap untuk lahir. Selain itu dalam mengungkapkan setiap metode dalam pendidikan tersebut, beliau menggunakan pendekatan-pendekatan seperti pendekatan psikologi. Tak hanya itu, beliau mengkaji pula pandangan pendidikan ini dari segi kedokteran,dari mulai masa embrio sampai menjadi janin yang siap dilahirkan bunda. Persiapan-persiapan untuk ibu hamil dipaparkan dengan sangat matang oleh beliau, hal ini akan memudahkan bunda dalam menghadapi masa-masa dalam kehamilan.


Akan tetapi, beberapa tujuan, metode serta materi yang beliau siapkan untuk pendidikan dalam kandungan ini tidak terstruktur. Beliau tidak memfokuskan secara pasti tujuan, metode serta materi apa yang dimaksud dan perlu disiapkan, sehingga dalam buku ini kita perlu membolak balikkan halaman berkali-kali baru akan menemukan apa yang kita cari. karena metode dan materi ini tidak masuk dalam sub-bab, mungkin jika orang awam akan sedikit kesulitan dalam menemukannya. perlu pemikiran dua kali.

Subscribe to receive free email updates: