Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Tatacara Shalat Berbasis Autoplay

Advertisement
Jejak PendidikanProduk media pembelajaran akan dibuat dengan menggunakan software (perangkat lunak) Autoplay Media Studio. Autoplay media studio ini akan dapat menghasilkan produk multimedia interaktif. Dengan memadukan media visual, audio dan video tentunya akan dapat menambah daya tarik bagi audien dalam sebuah presentasi atau pembelajaran.

Selain itu, dibanding dengan software media presentasi lain, desain presentasi Autoplay ini lebih banyak menawarkan pilihan desain projek yang menarik untuk diterapkan di dalam pembelajaran.

Peneliti menggunakan Autoplay media studio versi 8.0 dalam membuat produk pengembangan. Karena, versi 8.0 merupakan versi terbaru dari software ini. Dibanding dengan versi-versi terdahulu, versi ini lebih dilengkapi dengan fitur anyar seperti XML, SQL Lite, Enkripsi dan sebagainya.

Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Tatacara Shalat Berbasis Autoplay

Selain itu aplikasi ini juga kompatible dengan compatible dengan program C++ dan Java. Sehingga dengan adanya penggaya tersebut, peneliti dapat membuat desain halaman sendiri semenarik mungkin sesuai kebutuhan subjek yang akan diteliti, terbatas pada pemilihan desain halaman yang telah tersedia di dalam aplikasi.

Dalam upaya membelajarkan siswa dengan mudah, cepat dan menarik dan tidak membosankan, sehingga dapat dicapai hasil belajar yang optimal, diperlukan pengembangan media pembelajaran yang cocok sesuai kondisi dan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran dengan mengacu paradigma teknologi pendidikan. Hal ini sesuai dengan pencapaian proses pembelajaran yang seyogyanya diikuti oleh setiap satuan pendidikan sebagaimana tercangkup dalam Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, pasal 19 ayat 1 yakni;
Adapun proses pembelajaran pada satuan pendidikan hendaknya diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Oleh sebab itu, peneliti menganggap perlu dan penting untuk mengembangkan media pembelajaran berbais Autoplay.

Adapun pengembangan media pembelajaran di dalam penelitian ini ditujukan sebagai suatu proses atau langkah-langkah yang sistemik dan sistematis untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada dan dipakai dalam pembelajaran khususnya media pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Shalat juga merupakan suatu sistem ibadah yang terdiri dari beberapa bacaan-bacaan, dimulai dari takbitratul ikhram dan diakhiri salam yang wajib untuk dipahami serta diamalkan dengan benar oleh setiap umat islam. Karena shalat merupakan bagian tiang agama islam الصلاة عماد الدين . Tentu setiap umat islam juga harus melaksanakan shalat yang menjadi kewajibannya, dengan benar.

Oleh sebab itu, peneliti menganggap perlu dan penting untuk mengembangkan bahan ajar berbais Autoplay demi membantu peserta didik agar benar-benar memahami serta mengamalkan shalat dengan benar sesuai Al-Quran dan Al-hadits.

Adapun pengembangan Media pembelajaran di dalam penelitian ini ditujukan sebagai suatu proses procedural, yaitu terdiri dari beberapa langkah-langkah sistematis yang tertib dan di jabarkan di dalam model pengembangan untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada dan dipakai dalam pembelajaran khususnya Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.



Subscribe to receive free email updates: