Pengertian Kinerja

Advertisement
Jejak Pendidikan- Menurut Robbins dalam Sinambela (2012:5), kinerja diartikan sebagai hasil evaluasi terhadap pekerjaan yang dilakukan individu dibandingkan dengan kriteria yang ditetapkan bersama. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja seseorang sangatlah perlu, sebab dengan kinerja akan diketahui seberapa jauh kemampuan seseorang dalam melaksanakan tugasnya. Untuk mengetahui hal tersebut diperlukan penentuan kriteria pencapaian yang ditetapkan secara bersama-sama. 

Menurut Whitmore dalam Uno (2014:59), secara sederhana mengemukakan, kinerja adalah pelaksanaan fungsi-fungsi yang dituntut dari seseorang. Pengertian ini merupakan pengertian yang menuntut kebutuhan paling minim untuk berhasil. Kinerja menuntut tergambarnya tanggung jawab yang besar dari pekerjaan seseorang. Dengan demikian kinerja adalah suatu perbuatan, suatu prestasi apa yang diperlihatkan melalui keterampilan yang nyata.
Pengertian Kinerja

Menurut Supardi (2014:45), kinerja merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan harapan dan tujuan yang telah ditetapkan. Menurut McDaniel dalam Uno (2014:62), kinerja adalah interaksi antara kemampuan seseorang dengan motivasinya. Dengan demikian kinerja adalah merupakan penjumlahan antara kemampuan dan motivasi yang dimiliki seseorang.

Menurut Mangkunegara dalam Wahyudi (2012:7), kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadannya. Selain itu, kinerja juga dapat diartikan sebagai suatu hasil dan usaha seseorang yang dicapai dengan adanya kemampuan dan perbuatan dalam situasi tertentu. Dari berbagai pendapat para ahli dapat dipahami bahwa kinerja adalah hasil atau tingkat keberhasilan yang dilakukan seseorang secara kualitas dan kuantitas sesuai dengan kemampuan dan perbuatannya.

Kinerja yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kinerja guru. Kinerja guru adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan harapan dan tujuan yang telah ditetapkan, dan sebagai hasil evaluasi terhadap pekerjaan yang dilakukan dibandingkan dengan kriteria atau standar yang telah ditetapkan.



Rujukan:


  1. Stephen P Robbins. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia.
  2. Lijan Poltak Sinambela, 2012. Kinerja Pegawai Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta:Graha Ilmu.
  3. Hamzah B Uno. 2013. Teori Motivasi Dan Pengukurannya.Jakarta: Bumi Akasara.
  4. Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
  5. Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Subscribe to receive free email updates: