Macam-macam Aktivitas Belajar

Advertisement
Jenis-jenis aktivitas siswa yaitu meningkatkan jumlah siswa yang terlibat aktif belajar, meningkatkan jumlah siswa yang bertanya dan menjawab, meningkatkan jumlah siswa yang saling berinteraksi membahas materi pembelajaran.
Beberapa aktivitas belajar menurut Djamarah (2000: 8) sebagai berikut:

a. Mendengar

Mendengar adalah salah satu aktivitas belajar. Setiap orang yang belajar disekolah pasti ada aktivitas mendengar. Ketika seorang guru menggunakan metode ceramah, maka setiap siswa diharuskan
mendengarkan apa yang guru sampaikan.

b. Membaca

Aktivitas membaca adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan selama belajar disekolah atau diperguruan tinggi, membaca disini tidak mesti membaca buku belaka, tetapi juga membaca majalah, dan lain-lain.

c. Menulis atau Mencatat

Menulis atau mencatat merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari aktivitas belajar. Dalam pendidikan tradisional kegiatan mencatat merupakan aktivitas yang sering dilakukan. Walaupun pada waktu tertentu seseorang harus mendengarkan isi ceramah, namun dia tidak bisa mengabaikan masalah mencatat hal-hal yang dianggap penting.

d. Memandang

Memandang adalah mengarahkan penglihatan kesuatu objek. Aktivitas memandang berhubungan erat dengan mata karena dalam memandang itu matalah yang memegang peraran penting. Tanpa mata tidak mungkin terjadi aktivitas memandang dapat dilakukan.

Subscribe to receive free email updates: