Pengertian Motivasi Belajar

Advertisement
Jejak Pendidikan- Berikut penjelasan tentang pengertian motivasi belajar. Namum sebelum itu penulis akan menjabarkan pengertian tersebut. Motivasi belajar terdiri dari dua kata yaitu “motivasi” dan “Belajar”. Berikut penulis mendefinisikan Motivasi merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pembelajaran. Untuk mengetahui apa sebenarnya motivasi maka akan dikemukakan berbagai pendapat motivasi oleh para ahli sebagai berikut:

Pengertian Motivasi Menurut Mc. Donald yang dikutip oleh Sardiman, Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.[1]

Pengertian Motivasi Menurut Nana Syaodih S Kekuatan yang menjadi pendorong kegiatan individu disebut motivasi, yang menunjukkan suatu kondisi dalam diri individu yang mendorong / menggerakkan individu tersebut melakukan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian Motivasi Menurut Sumardi Suryabrata, adalah keadaan yang terdapat dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melakukan aktivitas tertentu guna pencapaian suatu tujuan. Sementara itu gates dan kawan-kawan mengemukakan bahwa motivasi yaitu suatu kondisi fisiologis dan psikologis yang terdapat dalam diri seseorang yang mengatur tindakannya dengan cara tertentu. Adapun Grenberg menyebutkan bahwa motivasi adalah proses membangkitkan, mengarahkan, dan memantapkan perilaku arah suatu tujuan.[2]

Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat diketahui bahwa Motivasi motivasi merupakan suatu perubahan energi pada diri seseorang yang didahului dengan munculnya feeling yang mendorong seseorang bertindak melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan akhir.

Setelah diketahui pengertian motivasi, selanjutnya akan dijelaskan tentang pengertian belajar. Para ahli telah mengemukakan pengertian belajar antara lain:

Pengertian Belajar Menurut Skiner yang dikutip oleh Muhibbin Syah Belajar adalah suatu proses adaptasi / penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif.  Skinner percaya bahwa proses adaptasi tersebut akan mendatangkan hasil optimal apabila ia diberi penguat (reinforcer).

Pengertian Belajar menurut Slameto Belajar adalah proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Pengertian Belajar Menurut W.S. Winkel belajar adalah suatu aktivitas mental/psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan nilai sikap.

Pengertian motivasi dan belajar yang dijelaskan secara terpisah dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri seseorang yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan kegiatan belajar yang memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar (peserta didik) dapat tercapai.

Motivasi belajar yang dimaksud disini adalah suatu dorongan yang berasal dari dalam individu untuk melakukan suatu tindakan atau kegiatan belajar agar tujuan atau cita-cita yang diinginkan dapat tercapai yakni memperoleh ilmu pengetahuan atau kepandaian dengan diindikasikan terjadinya perubahan tingkah laku baik melalui pengalaman atau latihan.




[1] Sardiman, AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001), h. 71.
[2] Djaali, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), Cet. III, h. 101.

Subscribe to receive free email updates: