Kekurangan dan Kelebihan Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 SMA

Advertisement
JEJAK PENDIDIKAN-Kekurangan dan Kelebihan Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 SMA

http://fahrizal91.blogspot.co.id/
Buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti kurikulum 2013 SMA  merupakan buku yang sengaja dikeluarkan oleh pemerintah dalam rangka implementasi kurikulum 2013. Sama halnya dengan buku-buku lainnya, buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti tidaklah lepas dari kekurangan dan kelebihan. Oleh karena itu, pada subbab http://fahrizal91.blogspot.co.id/. ini peneliti mencoba untuk menguraikan kekurangan dan kelebihan dari buku tersebut yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan antikorupsi. Yaitu sebagai berikut:

A.     Kekurangan buku teks pendidikan agama Islam dan budi Pekerti kurikulum 2013 SMA
1.     Pada buku teks pendidikan agam Islam dan budi pekerti kelas X, sudah memuat nilainilai pendidikan antikorupsi yaitu jujur, mandiri, adil, dan kerja keras. Akan tetapi nilai-nilai pendidikan antikorupsi tersebut belumlah sesuai dengan nilai-nilai penididikan antikorupsi untuk kelas X. Buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas X tersebut terlalu banyak memuat nilai-nilai pendidikan antikorupsi untuk kelas X.
Ketiadaan nilai-nilai pendidikan antikorupsi yang seharusnya diajarkan pada kelas X seperti tanggung jawab dan disiplin juga menjadi kekurangan dari buku ini, kemudian pada bab I “ Aku Selalu Dekat dengan Allah Swt.” halaman 3 subbab “Membuka Relung Hati” terdapat materi yang tidak perlu ditampilkan pada halaman tersebut, karena materi tersebut bagian dari subbab “Memperkaya Khazanah”.

2.     Letak kekurangan dari buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas XI, menurut peneliti masih kurangnya nilai-nilai pendidikan antikorupsi yang terkandung dalam buku teks pendidikan agam Islam dan budi pekerti tersebut. Dalam buku teks tersebut hanya memuat nilai-nilai pendidikan antikorupsi jujur dan kerja keras. Selain itu juga, terdapat pengulangan materi pembelajaran. Yaitu, perilaku jujur yang memang sebelumnya sudah pernah diulas atau dibahas pada buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas X.

B.     Kelebihan buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti kurikulum 2013 SMA

Buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti kurikulum 2013 memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah penggunaan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh peserta didik, lebih menarik, hal tersebut bisa dilihat dari tema setiap bab dan masing-masing subbab dari bab-bab buku teks tersebut, seperti contoh subbab “Membuka Relung Hati”. Masalah yang ditampilkan yang berkaitan dengan korupsi dalam buku baik PAI dan BP kelas X maupun buku PAI dan BP kels XI bersifat kekinian atau kontemporer dan dilengkapi dengan gambar.

Subscribe to receive free email updates: