Macam-Macam Perhatian Orang Tua

Advertisement
Jejak Pendidikan- Ditinjau dari berbagai segi, perhatian dapat di bagi menjadi beberapa macam, sebagaimana di uraikan di bawah:


Di tinjau dari segi timbulnya perhatian, maka ada perhatian spontan dan perhatian tidak spontan.

  1. Perhatian spontan adalah perhatian yang timbul dengan sendirinya (bersifat pasif). Perhatian spontan ini berhubungan erat dengan minat individu terhadap suatu obyek. Misalnya , saat seseorang yang mempunyai minat terhadap musik, maka secara spontan perhatiannyaakan tertuju pada musik yang didengarnya.
  2. Perhatian tidak spontan adalah perhatian yang ditimbulkan dengan sengaja. Oleh karena itu, harus ada kemauan yang menimbulkannya. Misalnya ada mahasiswa yang kurang memperhatikan Bahasa Arab, tapi karena kuliah tersebut penting, meskipun dia kurang menyukainya, maka dia harus tekun mengikuti kuliah dan mempelajarinya.


Di tinjau dari segi banyaknya obyek yang di cakup oleh perhatian pada saat yang bersamaan, maka perhatian dapat di bedakan antara perhatian sempit dan perhatian yang luas.

  1. Perhatian yang sempit ialah perhatian individu yang pada suatu saat dapat memerhatikan obyek yang sedikit.
  2. Perhatian yang luas adalah perhatian individu yang pada suatu saat dapat memerhatikan obyek yang banyak sekaligus.


Terkait dengan perhatian yang sempit dan luas tersebut di atas maka perhatian dapat di bedakan menjadi perhatian Konsentratif (Memusat) dan Perhatian distributif (Terbagi-bagi).

  1. Perhatian Konsentratif adalah perhatian yang ditunjukan hanya kepada suatu obyek. Misalnya seorang pemanah atau pemburu yang sedang menembak binatang.
  2. Perhatian Distributif adalah perhatian yang ditunjukan pada beberapa obyek dalam waktu yang sama. Misalnya seorang yang sedang mengetik, dan seorang supir yang sedang mengendarai kendaraannya.



Di tinjau dari sifatnya perhatian di bagi menjadi dua yaitu perhatian statis dan perhatian dinamis.

  1. Perhatian statis adalah perhatian yang tetap terhadap suatu obyek tertentu. Individu yang memiliki perhatian seperti ini sukar memindahkan perhatiannya dari suatu obyek ke obyek lain.
  2. Perhatian dinamis adalah perhatian yang bilaman pemusatannya berubah-ubah atau selalu bergati obyek.

Dilihat dari drajatnya, perhatian di bagi menjadi dua, yaitu perhatian tingkat tinggi dan perhatian tingkat lanjut. Rentetan derajat perhatian itu mempunyai perbedaan yang kualitatif. Individu yang mengalami perhatian tingkat tinggi kadang-kadang melupakan waktu dan keadaan sekelilingnya.

Subscribe to receive free email updates: