Manfaat mewarnai

Advertisement
Jejak Pendidikan- Menurut Olivia (2013: 14) mewarnai merupakan suatu bentuk kegiatan kreativitas, dimana anak diajak untuk memberikan satu atau beberapa goresan warna pada suatu bentuk atau pola gambar, sehingga terciptalah sebuah keasi seni. Ada banyak manfaat mewarnai bagi anak, antara lain :

  1. Melatih anak untuk memilih kombinasi warna dan membantu anak utuk belajar keserasian dan keseimbangan warna
  2. Stimulasi daya imajinasi dan kreativitas
  3. Melatih mengenai objek sehingga anak memahami detail objek yang akan diwarnai terlebih dahulu sebelum mereka mewarnai
  4. Melatih anak membuat target. Proses mewarnai membutuhkan satu target yaitu berhasil mewarnai seluruh bidang gambar yang tersedia jadi anak belajar untuk menyelesaikan tugas yang dihadapinya sesuai target
  5. Melatih anak mengenal garis batas bidang
  6. Melatih ketrampilan motorik halus anak sebagai salah satu sarana untuk mempersiapkan kemampuan menulis
  7. Melatih kemampuan antara koordinasi gerak mata dan tangan. Mulai dari bagaimana cara yang tepat menggenggam krayon, hingga memilih warna, dan menajamkan krayon.

Dalam artikel warnaluna.com (2016) salah satu aktivitas mudah dan murah untuk mendorong kreativitas anak adalah dengan mewarnai. Ada beberapa manfaat dalam kegiatan mewarnai antara lain:

a. Mengekspresikan diri
Kesenangan dari kegiaan mewarnai adalah sang anak bebas menorehkan warna yang ia kehendaki, sehingga anak terbiasa untuk mengekspresikan diri sejak dini. Para ahli juga berpendapat mewarnai bisa menjadi terapi emosi anak bisa menuangkan perasaan dirasakan baik perasaan senang atau sedih.

b. Belajar konsentrasi dan fokus
Keasyikan bagi sang anak saat melakukan kegiatan ini bisa menyita perhatiannya dari keadaan sekeliling. Pada kondisi ini maka bisa melatih tingkat konsentrasi dan fokus pada pekerjaan yang dilakukan. Kemampuan konsentrasi ini tentu akan sangat mendukung prestasi akademis anak dikemudian hari.

c. Latihan menggenggam
Lewat aktivitas mewarnai ini, anak diposisikan dalam proses belajar menggenggam dan mencengkram dengan benar. Hal ini pastinya akan sangat berguna untuk memudahkan putra-putri kia melakukan kegiatan sehari-hari.

d. Merangsang fungsi motorik
Salah satu manfaat lain yang bisa mendukung perkembangan otak anak karena bisa meningkatkan kerja otot tangan sekaligus kemampuan motorik. Hal ini akibat gerakan tangan yang berkesinambungan dalam mengontrol gerakan pensil warna atau krayondengan tangannya.

e. Melatih kemampuan koordinasi
Saat mewarnai ada dua bagian tubuh yang sangat dimaksimalkan, yakni tangan dan mata.Hal ini tentunya sangat baik dalam melatih koordinasi kedua organ tubuh tersebut, karena mewarnai juga membutuhkan kejelian anak dalam melihat bagia-bagian mana yang hendak diwarnai.

Berdasarkan beberapa pendapat dapat disimpulkan dengan mewarnai anak dapat mengekspresikan diri kesenangan dari kegiaan mewarnai adalah sang anak bebas menorehkan warna yang ia kehendaki, sehingga anak terbiasa untuk mengekspresikan diri sejak dini, pada saat mewarnai anak bisa melatih tingkat konsentrasi dan fokus pada pekerjaan yang dilakukan, lewat aktivitas mewarnai ini anak diposisikan dalam proses belajar menggenggam dan mencengkram dengan benar, merangsang fungsi motorik, dan melatih kemampuan koordinasi karena saat mewarnai juga membutuhkan kejelian anak dalam melihat bagian-bagian mana yang hendak diwarnai.

Subscribe to receive free email updates: