Ruang Lingkup Pendidikan Akhlak

Advertisement
Jejak pendidikan- Iman dan akhlak memiliki keterkaitan yang sangat erat. Iman merupakan “motor” untuk beribadah dan beramal saleh. Amal saleh tidak akan berarti apa-apa tanpa didasari dengan iman. Akhlak kepada Allah meliputi:


a. Akhlak terhadap Allah

Lingkup akhlak kepada Allah swt antara lain:
  1. Beribadah kepada Allah swt., hubungan antara manusia dengan Allah diwujudkan dengan bentuk ritualitas peribadatan seperti salat, puasa, zakat, dan haji semuanya itu harus dilakukan dengan khusu’ dan penuh tawadu’.
  2. Berdzikir kepada Allah swt dengan khusu’. Mengingat Allah dalam berbagai situasi merupakan salah satu wujud akhlak manusia kepada-Nya.
  3. Berdo’a, tawaddu’ dan tawakal. Ketika berdoa manusia juga harus tawadu’ kepada Allah serta memohon pertolongan hanya kepadaNya.

b. Akhlak Kepada Sesama Makhluk

  1. Akhlak terhadap Rasulullah saw. Mencintai Rasulullah secara tulus dengan mengikuti semua sunahnya. Menjadikannya sebagai panutan. Senantiasa bersalawat kepada Rasulullah saw. Mencintai ahlul bait dan para sahabatnya.
  2. Akhlak terhadap kedua orangtua. Mencintai keduanya melebihi cintanya kepada kerabat. Merendahkan diri kepada keduanya diiringi perasaan kasih sayang. Berkomunikasi dengan khidmat dan menggunakan kata yang lemah lembut.
  3. Akhlak terhadap diri sendiri. Memelihara kesucian diri, menutup aurat, adil, jujur dalam perkataan dan perbuatan, ikhlas, sabar, pemaaf, rendah hati, malu melakukan perbuatan jahat, menjauhi dendam, adil terhadap diri sendiri.
  4. Akhlak terhadap keluarga, karib, dan kerabat. Saling membina rasa cinta kasih sayang, mencintai dan tidak memutus tali persaudaraan.
  5. Akhlak terhadap tetangga. Saling mengunjungi, saling membantu dan murah senyum.
  6. Akhlak terhadap masyarakat. Memuliakan tamu, menghormati nilai dan norma yang berlaku, menaati peraturan atau keputusan yang telah diambil, bermusyawarah dalam segala urusan untuk kepentingan bersama.

c. Akhlak Kepada Lingkungan Sekitar

Adapun akhlak peduli lingkungan bisa ditunjukkan dengan sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mencegah kerusakan lingkungan alam sekitar. Karakter peduli lingkungan ini sudah tentu juga ditunjukkan dengan sikap dan tindakan untuk mengembangkan upaya-upaya memperbaiki kerusakan alam yang terjadi. Sungguh karakter peduli sosial dan lingkungan sangat perlu untuk dibangun pada diri anak didik. Hal ini sangat penting karena zaman semakin maju yang otomatis persoalan sosial semakin kompleks dan rumit, bumi semakin tua dan kebutuhan manusia terhadap alam juga semakin besar sehingga persoalan lingkungan adalah hal yang sangat penting untuk perhatikan.




Rujukan:
  1. As’aril Muhajir, Ilmu Pendidikan Perspektif Kontekstual, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011).
  2. Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012).
  3. Akhmad Muhamimin Azzet, Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia: Revitaalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).

Subscribe to receive free email updates: