Perkembangan Anak

Advertisement
Jejak Pendidikan-Perkembangan anak merupakan salah satu kemampuan anak yang sedang berkembang saat usia dini adalah kemampuan berbahasa. Penguasaan bahasa sangat erat kaitannya dengan kemampuan kognisi anak.Sistematika berbicara anak menggambarkan sistematikanya dalam berpikir, yang termasuk dalam pengembangan bahasa selain dari berbicara adalah kemampuan menyimak, membaca dan menulis. Perkembangan bahasa anak usia dini memang masih jauh dari sempurna. Namun demikian potensinya dapat dirangsang lewat komunikasi yang aktif dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Bromley dalam Dhieni (2012 : 3.4) mendefinisikan bahwa:
Bahasa sebagai sistem simbol yang teratur untuk mentransfer berbagai ide maupun informasi yang terdiri dari simbol-simbol visual maupun verbal. Simbol-simbol visual tersebut dapat dilihat, ditulis dan dibaca, sedangkan simbol-simbol verbal dapat diucap dan didengar. Anak dapat memanipulasi simbol-simbol tersebut dengan berbagai cara sesuai dengan kemampuan berpikirnya.
Para ahli berbeda berpendapat tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbahasa individu. Beberapa ahli meyakini bahwa bahasa merupakan kemampuan yang diperoleh sejak lahir, sedangkan para ahli lain mempercayai pengaruh faktor eksternal terhadap kemampuan bahasa maupun interaksi antar dua faktor tersebut. Kesimpulan tentang cara individu belajar bahasa sangat penting bagi pendidik dalam kaitannya dengan pembelajaran bahasa pada anak. Anak dilahirkan dengan tidak membawa kemampuan apapun.Bahasa dipelajari melalui pengkondisian dari lingkungan dan dan imitasi (peniruan) dari contoh orang dewasa. Ada beberapa ahli behavioristik yang berpendapat bahwa bahasa merupakan masalah respon (Skinner, 1957). Dia menggunakan teori stimulus respon dalam menerangkan perkembangan bahasa.

Subscribe to receive free email updates: