Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Advertisement
Jejak pendidkan- Pandangan seseorang tentang belajar akan mempengaruhi tindakantindakannya yang berhubungan dengan belajar. Tindakan-tindakan tersebut tentu saja akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Selain berbagai tindakan yang dilakukan siswa, ada berbagai faktor lain yang berasal bukan dari tindakan yang dilakukan siswa. Pada dasarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar sebagai hasil belajar siswa. 

Menurut Munadi dalam Rusman (2012: 124) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar antara lain meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor fisiologis dan faktor psikologis. Sementara faktor eksternal meliputi faktor lingkungan dan faktor instrumental. Menurut Slameto (2010: 17) faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar banyak jenisnya, tetapi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:

a. Faktor internal: yaitu faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar, faktor intern terdiri dari:
  1. Faktor jasmaniah (kesehatan dan cacat tubuh).
  2. Faktor psikologis (inteligensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan dan kesiapan).
  3. Faktor kelelahan


b. Faktor eksternal: yaitu faktor yang ada di luar individu. Faktor eksternal terdiri dari:
  1. Faktor keluarga (cara orang tua mendidik, relasi antara anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua, dan latar belakang kebudayaan).
  2. Faktor sekolah (metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat pelajaran, waktu sekolah, standar pelajaran diatas ukuran, fasilitas sekolah, metode dan media dalam mengajar, dan tugas rumah).
  3. Faktor masyarakat (kegiatan siswa dalam masyarakat, media massa, teman bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat).


Berdasarkan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa tersebut, dapat disimpulkan bahwa secara umum ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal, dan disiplin merupakan salah satu variabel dalam penelitian ini termasuk dalam faktor eksternal. Agar siswa dapat memperoleh prestasi belajar yang baik dan sesuai dengan tujuan belajar, berbagai faktor yang mempengaruhi prestasi tersebut sebisa mungkin harus bisa mendukung proses belajar siswa.

Subscribe to receive free email updates: