Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif

Advertisement
Jejak PendidikanTerdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif pada anak usia dini yang perlu dipahami dengan baik agar sebagai orang tua dan guru dapat mengantisipasi jika nampak hambatan dalam perkembangan kognitifnya. Faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif memiliki peran yang besar bagi anak serta orang tua maupun guru untuk mengetahui apakah faktor yang menyebabkan seorang anak mengalami perkembangan kognitif yang sesuai dengan harapan, perkembangan kognitif yang berjalan sangat cepat, maupun perkembangan kognitif yang yang berjalan lambat pada anak.

Menurut Sujiono (2006 : 25) Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif dapat dijelaskan antara lain sebagai berikut:

1. Faktor hereditas atau keturunan
Diungkapkan bahwa taraf intelegensi seorang anak sudah ditentukan sejak anak tersebut dilahirkan.

2. Faktor lingkungan
Perkembangan anak sangat ditentukan oleh faktor lingkungan dimana tempat ia berada.

3. Kematangan
Tiap organ tubuh manusia, baik fisik maupun psikis dapat dikatangan telah matang jika ia telah mencapai kesanggupan menjalankan fungsinya masing-masing.

4. Pembentukan
Pembentukan ialah segala keadaan di luar diri anak yang mempengaruhi perkembangan intelegensinya.

5. Minat dan Bakat
Minat mengarahkan perbuatan pada suatu tujuan. Sedangkan bakat diartikan sebagai kemampuan bawaan, sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud.

6. Kebebasan
Kebebasan dapat diartikan sebagai kebebasan manusia dalam berpikirPerkembangan kognitif yang terjadi pada manusia sepanjang hidupnya dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mendukung antara lain faktor keturunan, faktor lingkungan, kematangan, pembentukan, minat dan bakat, serta faktor kebebasan. Masing-masing orang memiliki faktor tersendiri yang mempengaruhi perkembangan kognitifnya yang dapat berjalan dengan cepat ataupun lambat.

Sedangkan menurut Piaget dalam Yanuarita (2014 : 70) Pertumbuhan mental mengandung dua macam proses yaitu perkembangan dan belajar. Perkembangan adalah perubahan struktur sedangkan belajar adalah perubahan isi. Proses perkembangan kognitif dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu:

1. Hereditas
Hereditas tidak hanya menyediakan fasilitas kepada anak yang baru lahir untuk menyesuaikan diri dengan dunianya, lebih dari itu, hereditas akan mengatur waktu jalannya perkembangan pada tahuntahun mendatang.

2. Pengalaman
Pengalaman dengan hereditas fisik merupakan dasar perkembangan struktur kognitif .dalam hal ini sering kali disebut sebagai pengalaman fisis dan logika matematis.

3. Transmisi Sosial
Transmisi sosial digunakan untuk mempresentasikan pengaruh budaya terhadap ola berpikir anak.

4. Ekuilibrasi
Ekuilibrasi merupakan suatu keadaan dimana pada diri setiap individu akan terdapat proses ekuilibrasi yang mengintegrasikan ketiga faktor tadi, yaitu hereditas, pengalaman, dan transmisi sosial.

Berdasarkan pendapat dari beberapa ahli di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif pada anak. Hal tersebut tidak dapat diabaikan oleh orang tua serta guru. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif dapat menjadi dasar untuk mengetahui sebab dimana terdapat anak yang memiliki perkembangan yang cepat ataupun lambat.

Subscribe to receive free email updates: