Ciri-ciri Belajar

Advertisement
Jejak Pendidikan- Proses mengajar bukanlah kegiatan memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa tetapi suatu kegiatan yang memungkinkan siswa merekonstruksi sendiri pengetahuannya dan menggunakan pengetahuan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu guru sangat dibutuhkan untuk membantu belajar siswa sebagai perwujudan perannya sebagai mediator dan fasilitator. Menurut Djamarah (2011: 15) ciri-ciri belajar ada enam, yaitu sebagai berikut:
  1. Perubahan yang terjadi secara sadar.
  2. Perubahan dalam belajar bersifat fungsional.
  3. Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif.
  4. Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara.
  5. Perubahan dalam belajar bertujuan dan terarah.
  6. Perubahan mencakup seluruh aspek.


Sedangkan Menurut Slameto (2010: 3) Ciri-ciri perubahan tingkah laku dalam pengertian belajar yaitu :
1) Perubahan terjadi secara sadar
Ini berarti bahwa seseorang yang belajar akan menyadari terjadinya perubahan itu akan merasakan telah terjadi adanya perubahan dalam
dirinya. Misalnya ia menyadari bahwa pengetahuannya bertambah.

2) Perubahan dalam belajar bersifat fungsional
Sebagai hasil belajar, perubahan yang terjadi dalam diri seseorang berlangsung secara berkesinambungan, tidak statis. Satu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan berikutnya dan akan berguna bagi
kehidupan ataupun proses belajar berikutnya.

3) Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif
Dalam perbuatan belajar, perubahan-perubahan itu senantiasa bertambah
dan tertuju untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian makin banyak usaha belajar itu dilakukan, makin banyak dan makin baik perubahan yang diperoleh. Perubahan yang bersifat aktif artinya bahwa perubahan itu tidak terjadi dengan sendirinya melainkan karena usaha individu sendiri. 

Hal ini sejalan dengan menurut Jihari (2008: 245) menyatakan bahwa ada beberapa ciri-ciri belajar yaitu belajar dapat mencari makna yang diciptakan murid dari apa yang telah mereka lihat, mereka mendengar dan mereka rasakan, dan belajar dapat melakukan kegiatan mengumpulkan fakta. rasakan, dan belajar dapat melakukan kegiatan mengumpulkan fakta.

Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa belajar tidak hanya berkenaan dengan jumlah pengetahuan tetapi juga meliputi seluruh kemampuan individu. Dengan demikian, maka ciri-ciri belajar juga dapat dirumuskan yaitu harus memungkinkan terjadinya perubahan perilaku pada diri individu. Perubahan tersebut tidak hanya pada aspek pengetahuan atau kognitif saja tetapi juga meliputi aspek sikap dan nilai serta keterampilan.

Subscribe to receive free email updates: