Aktivitas Belajar

Advertisement
Jejak Pendidikan- Belajar merupakan proses dasar dari perkembangan hidup manusia. Dalam belajar seseorang tentu akan mengalami suatu situasi. Situasi akan menentukan aktivitas apa yang akan dilakukan oleh seseorang. Jadi ketika seseorang sedang melakukan proses belajar tentu ia akan melakukan suatu aktivitas. Bahkan ketika belajar bisa lebih dari satu aktivitas yang dilakukan secara bersamaan oleh seseorang. 

Menurut Djamarah (2011: 38) menyatakan bahwa aktivitas belajar itu berhubungan dengan masalah belajar menulis, membaca, mengingat, berpikir, latihan atau praktek dan sebagainya.

Sedangkan menurut Nasution (2000: 89) aktivitas belajar adalah aktivitas yang bersifat jasmani ataupun rohani, dalam proses pembelajaran, kedua aktivitas tersebut harus selalu terkait. aktivitas tersebut harus selalu terkait. Seorang peserta didik akan berpikir selama ia berbuat, tanpa perbuatan maka peserta didik tidak berfikir. Oleh karena itu agar peserta didik aktif berfikir maka peserta didik harus diberi kesempatan untuk berbuat atau beraktivitas. Sama halnya dengan Soemanto (2006: 107) juga menyebutkan bahwa aktivitas belajar terdiri dari mendengarkan, memandang, meraba, membau, mengecap, menulis, membaca, mengamati, mengingat, berpikir, dan latihan atau praktek.

Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa ketika belajar seseorang melakukan berbagai aktivitas yang melibatkan raganya, bahkan seseorang bisa melakukan lebih dari satu aktivitas secara langsung. Berbagai aktivitas tersebut adalah mendengarkan, memandang, meraba, membau, hingga berupa latihan atau praktek.

Subscribe to receive free email updates: