Pengertian dan nama-nama Al-Qur’an

Advertisement
Jejak Pendidikan- Al-Qur’an adalah kalamullah yang mengandung mukjizat, yang diturunkan kepada (Muhammad SAW) penutup nabi dan rosul, dengan perantara malaikat jibril yang dapat dipercaya alaihi salam ditulis di dalam mushaf, diajarkan kepada kita secara mutawatir, membacanya di nilai ibadah, yang diawali surat Al-Fatihah dan di akhiri dengan surat An-Nas.

Ada beberapa pendapat ulama tentang pengertian Al-Qur’an diantaranya yaitu:
Al-Qur’an adalah firman Allah yang diturunkan kepada nabi muhammad SAW, yang bersifat mukjizat dengan sebuah surat daripadanya yang beribadat bagi yang membacanya.
Sedangkan Imam Fakhrur Razie dan Syekh Mahmud Syaltut yang menyatakan:
Al-Qur’an adalah lafadz arab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang dinukilkan kepada kita secara mutawatir. Dengan memperhatikan apa yang sudah disampaikan dan dijelaskanoleh para pakar dan ulama mengenai pengertian Al-Qur’an di atas, maka pengertian tersebut dapat dirangkum sebagai berikut:
Al-Qur’an adalah:

  1. Wahyu atau firman Allah SWT.
  2. Diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.
  3. Dengan perantara Malaikat Jibril, atau dengan cara lain.
  4. Menggunakan Bahasa Arab.
  5. Untuk pedoman dan petunjuk bagi manusia
  6. Merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW yang terbesar.
  7. Diterima oleh umat islam secara mutawatir.

Al-Qur’an mempunyai beberapa nama diantaranya:
1) Al-qur’an
Dinamakan Al-Qur’an karena banyak ayat yang menunjukan tentang nama Al-Qur’an contoh: surat Qof: 1.

2) Al-Furqon
Yang berarti pembeda.yang berarti Al-quran menjelaskan antara yang hak dan yang bathil,antara yang benar dan yang salah,antara yang baik dan yang buruk.berdalil kepada firman Allah yang berbunyi:
Artinya:Mahasuci Allah yang telah menurunkan Al-Furqan kepada hambaNya(Muhammad),agar dia menjadi pemberi peingatan kepada seluruh alam(Al-Furqan:1)

3) At-Tanzil
Dinamakan At-Tanzil karna mempunyai makna benar-benar turun, serta banyaknya Firman Allah yang menyebutkan At-Tanzilseperti dalam surat: Asy-Syu’ara’ ayat 192-193

4) Adz-Dzikr
Disebut Al-Dzikr yang berarti peringatan,menurut Al-Zarkasyi,karena Al-Quran mengandung peringatan-peringatan,nasihat-nasihatserta informasi mengenai umat yang telah lalu yang tentu saja sebagai peringatan dan nasihat juga bagi orang yang bertaqwa.Ayat Al-Quran yang menunjukkan didalam surat Al-Hijr ayat: 5.

5) Al-Kitab
Dinamakan Kitab,karena ayat-ayat Al-Quran tertulis dalam bentuk kitab.Dalilnya:
Demi kitab (Al-Qur’an) yang jelas (1).Sesungguhnya kami menurunkanya pada malam yang diberkahi.Sungguh, kamilah yang memberi pringatan (2). (Ad-Dhukhon: 2-3)55

Subscribe to receive free email updates: