Bidang Bimbingan Belajar

Advertisement
Jejak PendidikanMenurut Prayitno (2004: 65) Kegiatan bimbingan dan konseling secara keseluruhan mencakup empat bidang yaitu bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar dan bimbingan karier. Penelitian ini membahas kemandirian belajar siswa yang menyangkut pada layanan bimbingan dan konseling pada bimbingan belajar. Bimbingan belajar adalah bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar dalam rangka mengikuti pendidikan sekolah dan belajar secara mandiri.

Layanan bimbingan belajar diberikan kepada siswa untuk dapat membentuk kebiasaan belajar yang baik, mengembangkan rasa ingin tahu dan menumbuhkan motivasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Sedangkan menurut Sukardi (2008: 62) layanan bimbingan belajar adalah layanan yang bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, materi belajar yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya, serta berbagai aspek tujuan dan kegiatan belajar lainnya, sesuai dengan perkembangan ilmu, teknologi, dan kesenian. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar adalah bimbingan dalam hal menemukan cara belajar yang tepat, memilih program studi yang sesuai dan dalam mengalami kesulitankesulitan yang timbul dalam belajar.

Pelayanan bimbingan belajar di SMP bertujuan membantu siswa mengenal, menumbuhkan dan mengembangkan diri. Sikap dan kebiasaan yang baik untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan, sesuai dengan program belajar di SMP dalam rangka menyiapkan melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi dan berperan serta dalam kehidupan masyarakat.

Tujuan Bimbingan Belajar
Secara umum siswa merupakan individu yang sedang dalam proses perkembangan, maka tujuan bimbingan belajar adalah membantu siswa agar mencapai perkembangan yang maksimal. Selain tujuan secara umum diatas, secara lebih khusus tujuan bimbingan belajar adalah agar siswa mampu menghadapi dan memecahkan masalahmasalah belajar. Dalam konteks kemandirian, tujuan bimbingan belajar adalah agar siswa mandiri dalam belajar. Adapun tujuan dari bidang bimbingan belajar yaitu:
  1. Agar siswa bertanggung jawab menilai kemampuannya sendiri dan menggunakan pengetahuan mereka secara efektif bagi dirinya
  2. Agar siswa menjalani kehidupan secara efektif dan menyiapkan dasar kehidupan masa depannya sendiri
  3. Agar semua potensi siswa berkembang secara optimal meliputi semua aspek pribadinya sebagai individu yang potensial.


Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan layanan bimbingan belajar adalah untuk mengarahkan siswa agar memiliki sikap tanggung jawab, dan mampu menggunakan potensi dalam dirinya secara maksimal, dan mampu menghadapi dan memecahkan masalah belajarnya dengan tidak bergantung kepada orang lain.

b. Fungsi Bimbingan Belajar
  1. Membantu siswa memperoleh gambaran yang objektif dan jelas tentang potensi, watak, minat, sikap, dan kebiasaannya agar ia dapat menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan
  2. Membantu siswa untuk mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kemampuannya dan membantu siswa untuk menentukan cara yang efektif dan efisien dalam menyelesaikan bidang pendidikan yang telah dipilihnya agar tercapai hasil yang diharapkan
  3. Membantu siswa untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang kemungkinan-kemungkinan dan kecenderungan-kecenderungan dalam lapangan pekerjaan agar ia dapat melakukan pilihan yang tepat diantara lapangan pekerjaan tersebut. Di samping itu, membantunya untuk mendapatkan kemajuan yang memuaskan dalam pekerjaannya sambil memberikan sumbangan secara maksimal terhadap masyarakat.


Fungsi bimbingan belajar adalah sebagai berikut:
  1. Mengorientasikan para siswa kepada sekolah
  2. Membantu siswa untuk merencanakan pendidikannya di sekolah menengah
  3. Membantu para siswa untuk mengenal minat dan kemampuan masing-masing
  4. Mengorientasikan para siswa kearah dunia kerja
  5. Membantu siswa untuk memecahkan hubungan antara siswa perempuan dan laki-laki
  6. Membantu siswa berlatih menyelesaikan tugas-tugas atau pekerjaan (Hamalik, 2010: 196).



Dapat disimpulkan bahwa tujuan layanan bimbingan belajar adalah untuk mengarahkan siswa agar memiliki sikap tanggung jawab, dan mampu menggunakan potensi di dalam dirinya secara maksimal. Kemandirian belajar termasuk bidang bimbingan belajar yang tujuannya yaitu mengarahkan siswa untuk lebih mandiri dalam menjalani proses pembelajaran.

Subscribe to receive free email updates: