Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam Kurikulum 2013

Advertisement
Jejak Pendidikan- Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan ditingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan catatan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam beribadah, bermuamalah dan berakhlak serta dalam mengembangkan system kehidupan atau menyebarkan ajaran Islam yang dilandasi akidah. Secara konsepnya Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)mengulas kisah nyata perilaku dan kejadian penting orang-orang muslim dahulu sehingga muslim pada masa sekarang dapat meneladani segala macam yang baik-baik dalam berperilaku dan menegakkan syarat Islam.

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah menekankan pada kemampuan mengambil ibrah/hikmah (pelajaran) dari sejarah Islam, meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena social, budaya, politik, ekonomi, iptek, seni, dan lain-lain, untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam pada masa kini dan masa yang akan datang.
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/ peradaban Islam di masa lampau, mulai dari dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan periode Madinah, kepemimpinan ummat setelah Rasulullah SAW wafat, sampai perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M-1250 M, abad pertengahan/ zaman kemunduran (1250 M-1800 M), dan masa modern/zaman kebangkitan (1800-sekarang), serta perkembangan Islam di Indonesia dan di Dunia.

Penggambaran dalam permenag nomor 912 tentang Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah (MA), menjelaskan bahwa SKI merupakan salah satu dari lima mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah Aliyah yang memberikan informasi terkait asal-usul kejadian pada Pra dakwah Nabi Muhammad SAW hingga masa keemasan Islam. Pemberian informasi inilah yang dijadikan sebagai contoh untuk peserta didik dalam membentuk sikap, moral, dan akhlak terpuji.

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah memiliki tujuan yang berbeda dari mata pelajaran yang lainnya. Seperti halnya termuat dalam permenag nomor 912, tujuan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
  • Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
  • Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.
  • Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
  • Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
  • Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena social, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.


Adapun ruang lingkup pembahasan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah meliputi :
  • Dakwah Nabi Muhammad SAW pada periode Makkah dan Madinah.
  • Kepemimpinan ummat setelah Rasulullah SAW wafat.
  • Perkembangan Islam periode klasik/zaman keemasan (pada tahun 650 M-1250 M).
  • Perkembangan Islam pada abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M-1800 M).
  • Perkembangan Islam pada masa modern/zaman kebangkitan (1800-sekarang).
  • Perkembangan Islam di Indonesia dan Dunia.


Lebih spesifik lagi pada lingkup kelas X Madrasah Aliyah, sehingga materi-materi yang diajarkan lebih ringkas dan padat. Materi-materi SKI yang terdapat pada kelas X Madrasah Aliyah meliputi :
  • Peradaban bangsa Arab sebelum Islam
  • Perkembangan dakwah Nabi Muhammad Saw periode Mekkah
  • Perkembangan dakwah Nabi Muhammad Saw periode Madinah
  • Sejarah perkembangan Islam masa Khulafaur Rasyidin
  • Strategi dan subtansi dakwah Khulafaur Rasyidin

Rujukan:

  1. MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA, Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013, Tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. (Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam, 2013).
  2. Surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2676 Tahun 2013, Tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah, (Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam, 2013),

Subscribe to receive free email updates: