Pengertian Sumber Belajar

Advertisement
Jejak Pendidikan- Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang, dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, sehingga mempermudah peserta didik mencapai tujuan belajar.


Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar. Edgar Dale menyatakan, sumber belajar adalah pengalaman-pengalaman yang sangat luas, yakni seluas kehidupan yang mencakup segala sesuatu yang dapat dialami. Maksudnya adanya perubahan tingkah laku kearah yang lebih sempurna sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.



AECT mendefinisikan sumber belajar adalah semua sumber baik yang berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajarnya. Sumber belajar dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat memberikan kemudahan belajar, sehingga diperoleh sejumlah informasi, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang diperlukan.



Rujukan:


  1. Sanjaya, Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta : Kencana Media Group, 2008).
  2. Rohani, Ahmad. Media Instruksional Edukatif. (Jakarta : PT Rineka Cipta, 1997).
  3. Arief Sukadi Sudiman, dkk, Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar, (Jakarta : Mediyatama Sarana Perkasa, 1989).

Subscribe to receive free email updates: