Pengertian Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

Advertisement
Jejak pendidikan- Pengertian “ sejarah” secara etimologi dapat ditelusuri dari asal kata sejarah yang seiring dikatakan berasal dari kata Arab “Syajarah” yang artinya pohon. Penegetian sejarah pada dasarnya memberikan arti objektif tentang masa lampau, dan hendaknya difahami sebagai suatu aktualitas atau sebagai peristiwa itu sendiri.

Secara umum kebudayaan adalah istilah untuk segala hasil karya manusia yang berkaitan dengan pengungkapan bentuk.Lalu kebudayaan atau peradaban yang dipengaruhi oleh nilai-nilai Islam disebut kebudayaan atau peradaban Islam.Jadi Sejarah Kebudayaan Islam adalah peristiwa masa lampau sebagai hasil karya manusia yang dipengaruhi oleh nilai-nilai Islam.

Sejarah Kebudayaan Islam menekankan pada kemampauan mengambil ibrah /hikmah dari sejarah Islam, meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkanya dengan fenomena social, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain, untuk mengembangkan Kebudayaan dan peradaban Islam pada masa kini dan masa yang akan datang.

Rujukan:
1. Muhbbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000)
2. Dudung Abdurrahman, Sejarah Peradaba Islam: dari masa klasik hingga modern, (Yogyakarta: Lesfi, 2002).

Subscribe to receive free email updates: