Pengertian Buku Ajar

Advertisement
Jejak Pendidikan- Salah satu komponen penunjang proses pembelajaran ialah buku ajar yang pada hakikatnya menjadi sumber belajar mengajar dan pegangan guru maupun peserta didik. Adapun dalam ranah pendidikan, buku merupakan salah satu bagian dari kelangsungan pendidikan. Buku adalah kumpulan kertas berisi informasi, tercetak, disusun secara sistematis, dijilid serta bagian luarnya diberi pelindung terbuat dari kertas tebal, karton, atau bahan lain. Menurut Andriese, dkk. (1993: 16-17) mengatakan “…informasi tercetak di atas kertas yang dijilid menjadi satu kesatuan”. Penjelasan-penjelasan tersebut menggambarkan pula sifat pokok dari buku, yaitu :
a. Terdapat informasi didalamnya
b. Informasi tersebut diluapkan dalam bentuk cetakan
c. Letaknya disusun secara sistematis
d. Kertas sebagai media atau bahan cetakan
e. Kumpulan lembaran-lembaran dijadikan satu jilid

Tidak semua buku dijadikan sebagai sumber belajar namun terdapat jenis-jenis sesuai dengan kebutuhan. Buku dapat dibedakan dan dikelompokkan berdasarkan isi, pembaca sasaran, tampilan, dan peruntukkannya. Telaah pada kajian ilmiah lebih pada conten atau isi yang dimana buku dapat mengandung informasi yang mengandung kebenaran faktual atau semata-mata imajinasi penulisnya, atau juga campuran antara imajinasi dan faktual.

Buku ajar adalah buku yang digunakan sebagai buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar yang disusun oleh pakar dalam bidangnya untuk maksud-maksud dan tujuan insturksional, yang dilengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 menjelaskan bahwa buku teks (buku pelajaran) adalah buku acuan wajib untuk digunakan di sekolah yang memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan, budi pekerti dan kepribadian, kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kepekaan dan kemampuan estetis, serta potensi fisik dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan.

Dilihat dari berbagai pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa, buku ajar adalah kumpulan lembaran-lembaran yang dijilid didalamnya berisikan informasi-informasi ilmu pengetahuan, sehingga dijadikan sebagai standar pendidikan dan pengajaran yang disebut sebagai materi, guna menjadi sarana dan sumber bagi guru dan siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Buku ajar pula merupakan acuan dalam pendidikan di sekolah-sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan. Tidak semua buku ajar dijadikan sebagai acuan, melainkan harus terdapat kesesuaian dengan bidang studi yang diajarkan.

Subscribe to receive free email updates: