Klasifikasi hasil Belajar

Advertisement
Jejak Pendidikan- Dalam system pendidikan nasional rumusan tujuan pendidikan menggunakan klasisfikasi hasil belajar dari Benyamin S. Bloom secara garis besar membaginya menjadi tiga ranah, yaitu:

a. Ranah kognitif
Ranah kognitif berkaitan dengan kemampuan intelektual seseorang.17Kemampuan yang penting pada aspek kognitif adalah kemampuan menerapkan konsep-konsep utuk memecahkan masalah yang ada di lapangan.Penilaian aspek kognitif meliputi sub-aspek pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi.
  1. pengetahuan berkaitan dengan kemampuan mengenal atau mengingat materi yang sudah dipelajari,
  2. pemahaman berkaitan dengan kemampuan menangkap makna atau arti dari suatu konsep,
  3. aplikasi berkaitan dengan kemampuan menggunakan atau menerapkan suatu konsep, ide, rumus, hokum dalam situasi baru,
  4. analisis berkaitan dengan kemampuan memecah, mengurangi suatu integritas dan mampu memahami hubungan antar usnsur/bagian sehingga struktur dan aturanya dapat lebih dimengerti,
  5. sintesis berkaitan dengan kemampuan menyatukan unsur menjadi suatu kesatuan yang bermakna, dan
  6. evaluasi berkaitan dengan kemampuan memberikan pertimbangan nilai tentang sesuatu berdasarkan criteria yang dimilikinya.


b. Ranah Afektif
Ranah afektif berkaitan dengan kemampuan yang berkenaan dengan sikap, nilai perasaan dan emosi.Tingkatan-tingkatan aspek ini dimulai dari yang sederhana sampai kepada tingkatan yang kompleks, yaitu penerimaan, penanggapan penilaian, pengorganisasian dan karakterisasi nilai. Peringkat aspek afektif menurut taksonomi Krathwol ada 5, yaitu:
  1. receiving adalah keinginan mengunjungi fenomena khusus atau stimulus,
  2. responding merupakan pertisipasi aktif siswa,
  3. valuing adalah sesuatu yang memiliki manfaat,
  4. organization adalah nilai satu dengan nilai lain dikatkan, konflik antar nilai diselesaikan serta mulai membangun system nilai internal yang konsisten, dan
  5. characterization adalah system nilai yang mengendalikan perilaku sampai pada waktu tertentu hingga terbentuk gaya hidup.


c. Ranah psikomotor
Ranah psikomotor berkaitan dengan kemampuan yang menyangkut gerakan-gerakan otot.Tingkatan-tingkatan aspek ini, yaitu gerakan reflek keterampilan pada gerak dasar kemampuan perceptual, kemampuan di bidang fisik, gerakan-gerakan skil mulai dari keterampilan sederhana sampai pada keterampilan yang kompleks dan kemampuan yang berkenaan dengan non discursive komunikasi seperti gerakan ekspresif dan interpretative.



Rujukan:
Chatarina Tri Ani, Psikologi Belajar, (Semarang: UPT UNNES Press, 2006)
Syaifu Bahri Jamarah, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru (Surabaya: Usaha Nasional, 1994)

Subscribe to receive free email updates: