Pengertian dan Ciri-Ciri Novel

Advertisement
Jejak Pendidikan- Novel adalah salah satu bentuk karya sastra dan merupakan cerita fiksi yang berbentuk tulisan atau kata-kata. Cerita dalam novel biasanya berisi tentang kehidupan manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sesamanya. Penyajian alur cerita dalam sebuah novel lebih sederhana dan tokoh cerita yang ditampilkan dalam cerita tidak terlalu banyak. 

Novel adalah prosa rekaan yang panjang dengan menyuguhkan tokoh-tokoh dan menampilkan serangkaian peristiwa dan latar secara tersusun. Sedangkan menurut Nurhadi, dkk. yang dikutip oleh Diantini dalam skripsinya, novel merupakan bentuk karya sastra yang didalamnya terdapat nilai-nilai budaya sosial, moral, dan pendidikan.


 Novel adalah salah satu karya fiksi berbentuk prosa. Adapun ciri-ciri novel adalah ditulis dengan gaya narasi yang mendeskripsikan segala suasana yang ada pada cerita tersebut, bersifat realistis, artinya merupakan tanggapan pengarang terhadap situasi lingkungannya, bentuk narasinya panjang, biasanya lebih dari 10.000 kata dan alur ceritanya lebih kompleks.






Subscribe to receive free email updates: